Cegah Abrasi, Ratusan Pohon Cemara Laut Ditanam di Pantai Pesona

Para pemuda usai melakukan penanaman pohon Cemara laut di Pantai Pesona. /RMOLJatim
Para pemuda usai melakukan penanaman pohon Cemara laut di Pantai Pesona. /RMOLJatim

Ratusan pohon Cemara laut (casuarina equisetifolia) ditanam di pesisir Pantai Pesona Desa Kalisalam Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Penanaman pohon ini untuk mencegah abrasi, yang disebabkan hempasan gelombang air laut.


Gerakan menanam pohon ini, di inisiasi oleh aktivis lingkungan Gerakan Nusantara Hijau Wilayah Jawa Timur.

“Hari ini kita akan bersama sama menam pohon cemara laut di pantai, bapak ibu dan yang hadir disini adalah para pejuang lingkungan, dengan menanam pohon kita cegah abrasi dan perubahan iklim , menanam pohon adalah menanam kebaikan untuk masa depan," jelas Sugiyo, aktivis lingkungan, seperti dikutip Kantor Berita RMOL Jatim,  Minggu, (09/1).

Penanaman pohon cemara laut atau casuarina equisetifolia di Pantai Pesona, dilakukan secara serentak di area yang kosong serta pengkayaan di area yang sudah ada pohonnya.

“Kami memilih pohon Cemara Laut karena kemampuannya menahan laut dari abrasi dan dapat menahan gelombang tsunami, mari kita rawat bersama setelah di tanam agar fungsinya dapat memberikan manfaat,” ungkap dia.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Kalisalam, Joko Tono Susanto mengatakan, kalau Pantai Pesona membentang sepanjang kurang lebih 1-2 kilometer. Apalagi, saat ini telah menjadi salah satu tempat wisata alam. keindahan pantai dan deburan ombak pantai menjadi daya tarik para pengunjung. Selain keindahan pantai, lokasi ini sejuk dan teduh oleh rindangnya pohon.

"Dengan adanya penanam baru sebanyak ratusan pohon cemara laut, akan menambah luasan area hijau di pantai Pesona. Penambahan luasan tutupan vegetasi di bibir pantai selain sebagai penahan abrasi," tegasnya.

Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo, Reno Handoyo mengatakan, kalau pihaknya akan terus bersinergi dengan semua pihak untuk melakukan mitigasi bencana, khusususnya mitigasi bencana jarena dampak perubahan iklim.

“Dari sisi lain keindahan Pantai Pesona ini dengan tumbuhnya cemara laut akan menambah daya tarik pantai ini sebagai destinasi/ tujuan favorit wisata pantai di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.

Dalam penanaman pohon Cemara laut itu, diikuti juga oleh para lembaga di tingkat desa serta forkopimka Kecamatan Dringu.