Entaskan Kemiskinan di Jateng, Ganjar Pranowo Rehabilitasi Rumah Pasien Stroke

Ganjar Pranowo saat kunjungi warga miskin/net
Ganjar Pranowo saat kunjungi warga miskin/net

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serius laksanakan sejumlah langkah konkret dalam mengentaskan permasalahan tingkat kemiskinan yang cukup ekstrem di sejumlah wilayah.


Salah satu langkah konkret itu adalah kunjungan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ke empat rumah warga penerima rumah sehat layak huni (RSLH) dan listrik murah di Kabupaten Banyumas dalam rangka mengentaskan kemiskinan ekstrem.

Dari empat rumah yang menerima bantuan, terdapat dua anggota keluarga yang menderita stroke. Salah satunya, Karsinah (80) yang tinggal di Desa Kebocoran, Kecamatan Kedungbanteng, yang harus mengurus sang anak yang berbaring di tempat tidur.

Kemudian, kediaman kedua yang didatangi Ganjar adalah milik Caslani (58), Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok. Caslani sehari-hari juga menemani sang istri yang mengalami stroke.

"Kita memastikan hari ini mengecek RSLH dan listrik murah di Banyumas, memang dalam catatan kita betul-betul masuk kategori (kemiskinan) ekstrem. Dilalah (kebetulan) itu ya ternyata di dua rumah ini keluarganya ada yang stroke," kata Ganjar dalam keterangannya, Rabu (12/1).

"Ini langsung mau kirim besok, untuk membantu kesehatan mereka kita kirim dokter, ada juga kursi roda dari pak bupati langsung," bebernya.

Politisi PDI Perjuangan ini, juga mengajak para pimpinan daerah, BUMN, BUMD maupun masyarakat berperan aktif menangani kemiskinan ekstrem di wilayah masing-masing dengan cara bergotong royong. 

"Di tahun ini kita genjot program pengentasan kemiskinan ekstrem, nah pola kerjasama dengan keterlibatan BUMN, BUMD, Swasta, Baznas dan warga sekitar yang bergotong royong," ucapnya.