Bupati Hendy ; Jember Mini Zoo Bisa menjadi Sarana Wisata Edukasi Untuk Melestarikan Flora Dan Fauna

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Bupati Jember, Ir. H. Hendy Siswanto, ST, IPU, mengapresiasi kehadiran tempat wisata baru di tengah kota Jember, Jember Mini Zoo, karena kehadirannya bisa membuka lapangan kerja baru bagi warga Jember.


Selain itu, Konsep Kebun binatang mini ini, tidak hanya sekedar berwisata, tapi menjadi sarana edukasi bagi anak-anak untuk mencintai binatang, alam dan lingkungannya. Tentunya, pada akhirnya untuk kelestarian flora dan Fauna.

 Demikian dia disampaikan, usai  grand opening Jember Mini Zoo, sekaligus peresmian tempat wisata, yang berada di jalan Brawijaya, kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates, Rabu (12/1) siang.

"Beragam satwa dapat dijumpai di sini seperti burung unta, burung merak, burung kakak tua, kura-kura, aneka reptil, hewan mamalia, serta taman kelinci dimana anak-anak bisa berinteraksi sambil memberi makan wortel," kata Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim. 

Dia berharap  wahana ini menjadi sarana wisata edukasi terutama bagi anak-anak untuk mengenalkan mereka dengan ragam satwa di Indonesia. Wahana ini sebagai gagasan anak muda melenial, sangat kreatif. Menjadikan tempat wisata, sebagai sarana edukasi terhadap anak-anak untuk mencintai terhadap flora dan fauna, mencintai alam dan lingkungan.

"Karena itu kami berharap Jember mini zoo harus eksis terus, karena untuk membangun wahana ini, biayanya tidak kecil. Sebab,  harus merawat  berbagai jenis binatang, yang jumlahnya banyak, tentu dengan biaya tinggi,"katanya. 

Keberadaan Jember Mini Zoo, juga membuka lapangan pekerjaan baru, bagi warga Jember dan sekitarnya. Karena Jember Mini Zoo, merekrut tenaga kerja, untuk mengelola tempat tersebut. Ada sekitar seratus karyawan yang dipekerjakan untuk merawat binatang,  sebagai pemandu wisata edukasi, dan sebagainya.  Karena itu bupati Hendy,  menyampaikan  terima kasih, karena bisa mengurangi angka pengangguran. 

"Kami akan mensupport kehadiran Jember mini zoo, agar tetap eksis. Pemkab Jember punya 18 ribu karyawan, ditambah lagi dengan kehadiran warga sekitar," katanya.

Dia juga menyampaikan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember telah merancang kalender wisata di Kabupaten Jember.

"Kami di Disparbud ada kalender wisata, tentunya Pemkab Jember duluan yang harus melakukan sesuatu, OPD-OPD bawalah keluarganya ke mari, itu bagian kepedulian dulu, memberikan contoh untuk kemajuan pariwisata di Jember,"terangnya.

Sementara, Owner Jember Mini Zoo, Adnan Muhammad berharap kehadiran Jember Mini Zoo bisa mendatangkan kebahagiaan bagi masyarakat Jember.

Kehadiran tempat wisata Flora fauna seluas 7 Hektar ini,  karena Jember mempunyai potensi flora dan fauna yang sangat luar biasa. Pihaknya berusaha membuat tempat wisata edukasi dan kreatif dengan menggabungkan beberapa konsep.

"Mulai dari  mengenalkan berbagai jenis hewan pada anak-anak hingga memberikan pakan hewan. Di tempat ini ada 41 jenis hewan, mulai dari reptil dan mamalia, jumlahnya sebanyak 300 ekor," katanya.