Pengembang Menyerah, Tembok Perumahan yang Tutup Akses Jalan Warga Kampung Akhirnya Dibongkar

Kondisi sebagian tembok yang tutup akses jalan warga kampung sudah terbongkar/RMOLJatim
Kondisi sebagian tembok yang tutup akses jalan warga kampung sudah terbongkar/RMOLJatim

Tembok setinggi 2,5 meter Perumahan Green Village di Kabupaten Malang yang menutup akses jalan warga kampung akhirnya dibongkar. Hal itu membuat  warga kampung RT 2 dan 3 RW 10 Dusun Karangwaru Desa Candirenggo Kecamatan Singosari dan warga Perumahan Green Village RT 1 sudah bisa bernafas lega. Pembongkaran tersebut secara simbolis dilakukan pada Rabu (26/1). 


Pembongkaran tembok yang menutup akses jalan warga kampung itu berhasil dilakukan setelah melalui mediasi sekian kali dengan  sejumlah pihak terkait. Diantaranya Muspika Singosari, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Satpol PP dan beberapa warga sekitar. Seperti ungkapkan Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Malang, Firmando Hasiholan Matondang. 

"Dalam hal ini pengembang sudah memiliki izin. Maka kita berbicara aspek sosialnya. Dan itu diterima oleh pihak pengembang. Kita bertemu di Kantor Kecamatan Singosari bersama. Kalau warga ada sekitar 6 KK yang hadir untuk menyampaikan keinginannya," ungkapnya. 

Masih kata, Firmando, untuk saat ini baru satu titik yang dibongkar untuk membuka akses jalan warga kampung, dari dua titik tembok. 

"Intinya, pihak pengembang sudah mau menerima permintaan warga. Rencananya, pihak pengembang akan membuat dua pintu atau dua akses jalan untuk warga kampung. Dengan  masing-masing pintu 1,5 meter hingga 2 meter sesuai dengan kebutuhan warga sekitar. Dan pengembang akan menyiapkan alat berat yang dibutuhkan," ujarnya. 

Untuk pembongkaran tembok tersebut, lanjut Firmando, agar lancar harus menggunakan alat berat. Dan sementara ini, tetap dibongkar namun secara simbolis. 

"Karena tidak ada alat beratnya dan butuh waktu untuk meminjam alat berat, termasuk untuk memasangi pintu tadi. Artinya itu kan blok cor yang model pasang, dan tinggal menunggu waktu dua minggu untuk dua akses yang diminta," pungkasnya.