Target Vaksinasi Masyarakat di Jember Bisa Tercapai Setelah Ada Dorprize

Bupati Jember Hendy Siswanto saat menghadiri pengundian doorpriz, di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember
Bupati Jember Hendy Siswanto saat menghadiri pengundian doorpriz, di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember

Melambatnya proses vaksinasi,  Pemkab Jember terpaksa menempuh berbagai cara untuk melakukan percepatan tercapainya Herd Immunity, salah satunya memberi dorprize bagi warga yang sudah vaksin.


Langkah ini sebagai penyemangat kepada masyarakat untuk hadir untuk mengikuti vaksinasi secara Happy. Demikian ditegaskan Bupati Jember,  Ir. H. Hendy Siswanto, saat menghadiri acara pengundian vaksinasidi Pendopo Wahya Wibawagraha, Rabu (26/1) sore. 

Turut hadir dalam pengundian tersebut, Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlamaan, Plt Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hj. Lilik Lailiyah, Dandim 0824/ Jember, Letkol infanteri Batara C. Pangaribuan serta Kepala OPD Terkait. 

"Kami hari ini mengadakan pengundian doorprize untuk masyarakat Jember yang sudah vaksin, yang sudah diadakan sekitar 5 hari. Ada 127 ribu peserta doorprizs," kata Bupati Hendy dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

"Hadiahnya  ada televisi, mixer, ricecooker, handphone, kulkas, semuanya diberikan kepada masyarakat," sambungnya. 

Dia menjelaskan dooprize ini bertujuan untuk penyemangat kepada masyarakat, supaya happy, senang mengikuti vaksin. Ini juga sebagai wujud pemerintah hadir dalam mendukung kegiatan vaksinasi. 

Yang terpenting langkah ini sebagai perlindungan pemerintah, semua warga Jember, selamat dari penularan covid 19. 

"Alhamdulillah, capaian vaksin mulai Selasa, (25/1) di Kabupaten Jember untuk dosis 1 sudah mencapai 70% lebih. Dan untuk lansianya kurang sedikit lagi," katanya. 

Dengan tercapainya Herd Immunity 70 % lebih ini, mulai Jumat 28 Januari 2022, Pemkab Jember akan melaunching Vaksin Dosis 3 jenis booster. 

"Yang dosis 2 nya, sudah mencapai 6 bulan bisa divaksin dosis 3. Juga untuk anak-anak, sudah dimulai Vaksin," terangnya.

Sementara Menurut Kepala Dinas Kominfo Pemkab Jember, Bobby Arie Sandy, cakupan vaksinasi, mulai Rabu (26/01) Jam 18.50 WIB, sasaran dosis 1 sudah tercapai sebanyak  1.413.492 (70,69 %) dan Dosis 2 sebanyak 912.144 (45,61 %). Sedangkan untuk sasaran lansia, dosis 1 sudah tercapai sebanyak 159.684 (57,04 %) dan Dosis 2 : 78.832 (28,16 %).

"Untuk mencapai 49% dosis 2 kurang : 67.707 sasaran dan mencapai 60 % lansia dosis 1 kurang  8.288 sasaran," ucap dia.