Imbauan Luhut untuk para Lansia: Jangan Keluar Rumah Dulu Sebulan ke Depan

Luhut Pandjaitan/ist
Luhut Pandjaitan/ist

Guna mencegah makin meluasnya penyebaran varian Omicron di tanah air, para lansia di atas 60 tahun diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah. Terutama lansia yang belum melakukan vaksinasi dan memiliki komorbid.


Imbauan ini dilontarkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, saat menghadiri Harlah Ke-96 NU di NTT secara virtual, Sabtu (5/2).

"Buat teman-teman yang umurnya 60 tahun ke atas dan belum divaksin serta punya komorbid, saya sarankan jangan keluar dari rumah," imbau Luhut.

Pesan tersebut ditegaskan Luhut lantaran jumlah kasus meninggal akibat Covid-19 umumnya berasal dari mereka yang belum divaksin lengkap, berusia di atas 60 tahun, dan memiliki komorbid.

 "Saya usul dua minggu sampai sebulan ke depan untuk orang-orang yang saya sebut tadi, kriteria 60 tahun ke atas, eloknya tinggal di rumah dahulu, sementara," imbuhnya.

Imbauan ini memang tak lepas dari peningkatan kasus Covid-19 yang hingga Sabtu (5/2) telah bertambah lebih dari 32 ribu kasus harian secara nasional.

Meski demikian, Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) ini meminta masyarakat tidak perlu panik. Sebab, data pemerintah menunjukkan bahwa perawatan akibat varian Omicron relatif singkat.

Namun tidak juga lantas menganggap enteng varian Omicron ini. Terlebih gejala yang ditunjukkan pengidap Omicron memang relatif tidak berat.

"Karena virus ini juga bisa merusak tubuh kita," tandasnya.