Kecamatan Rungkut Miliki 1.552 UMKM, Hanya 40 Persen dari 71 UMKM Kue yang Ber NIB

Wali Kota Eri didampingi Habib mengunjungi kampung kue di Rungkut/RMOLJatim
Wali Kota Eri didampingi Habib mengunjungi kampung kue di Rungkut/RMOLJatim

Wilayah Kecamatan Rungkut, Surabaya, tak hanya dikenal sebagai tempat usaha berskala besar.


Kenyataannya wilayah tersebut juga dipenuhi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Buktinya sebanyak 1.552 pelaku UMKM bertebaran di wilayah tersebut.

Nah dari jumlah tersebut, 71 diantaranya merupakan UMKM yang berasal dari di Kampung Wisata Kue.

Kampung Wisata Kue itu berada di Jalan Rungkut Lor Gang II, Kelurahan Kalirungkut, Kecamatan Rungkut Kota Surabaya.

"Dari 71 UMKM di Kampung Kue ini, ada 40 persen yang sudah memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha). Selanjutnya sisanya akan kami kebut dengan dinas terkait," kata Camat Rungkut Kota Surabaya, H Habib dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (8/2).

Dia menyebut, bahwa sejak tahun 2009, pelaku UMKM di Kampung Kue sudah melayani pedagang eceran yang tak hanya berasal dari Kota Surabaya. 

Sebanyak 71 UMKM di Kampung Kue bekerja mulai pukul 03.00 hingga 06.00 WIB dengan omzet rata-rata per hari bisa mencapai Rp 300 ribu - Rp 1 juta.

"Kalau dihitung rata-rata misal Rp 500 dikalikan 30 hari dan dikalikan 71 UMKM, maka ini bisa mengangkat perekonomian di sektor UMKM Kota Surabaya, khususnya di Kecamatan Rungkut," jelas Habib.

Di sisi lain, Habib juga mengungkapkan, ada sekitar 60-65 jenis variasi kue yang diproduksi di Kampung Wisata Kue Rungkut. 

Dia memastikan, bahwa seluruh kue yang diproduksi sudah melalui control quality oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya dan memenuhi standar kelayakan makanan.

"Control quality sudah dilakukan Dinas Kesehatan, baik terkait penjamahan, terkait halal dan kebersihan sudah layak dan memenuhi standar kelayakan sebagai makanan yang layak dimakan," tambahnya.

Salah satu pelaku UMKM di Kampung Wisata Kue Rungkut adalah Kinarti. 

Spesialis pembuat kue bikang atau kue kembang ini berharap, dengan diresmikannya Kampung Wisata Kue, ke depan akan semakin banyak pengunjung yang datang. 

Dan tentunya diharapkan pula perekonomian warga di kampung kue semakin meningkat.

"Terima kasih banyak kepada Pak Wali Kota Eri Cahyadi yang sudah meresmikan Kampung Kue menjadi Kampung Wisata. Semoga menjadikan kampung wisata ini warganya lebih maju dan lebih meningkat ekonominya," pungkasnya.