Gelar Vaksin Booster, Ketua DPRD Surabaya Apresiasi PT SIER Ikut Hadang Omicron

Kegiatan Vaksinasi di PT SIER
Kegiatan Vaksinasi di PT SIER

PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) menggelar vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster. Vaksinasi ini diperuntukkan bagi pekerja, keluarga pekerja, pedagang kaki lima (PKL) dan warga yang ada di sekitar kawasan industri SIER.


Kegiatan vaksinasi Covid-19 yang ketiga kalinya yang pernah digelar SIER ini, mendapat apresiasi dari Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono, yang datang langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi booster, Rabu (9/2).

Adi datang ke lokasi vaksinasi booster yang dilaksanakan di lapangan tenis SIER sekitar pukul 11.00 WIB, didampingi Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono dan Direktur Pemasaran dan Pengembangan PT SIER Silvester Budi Agung. Dia melihat alur vaksinasi mulai dari tempat pendaftaran, screening, tempat suntik vaksin, input data P-Care hingga pemberian es krim gratis bagi orang yang sudah divaksin.

"Saya memberikan apresiasi kepada PT SIER yang terus berbuat bagi Kota Surabaya, dengan menggelar vaksin booster. Ini adalah vaksinasi ketiga yang pernah digelar PT SIER. Kebetulan saat vaksinasi dosis pertama dan kedua, saya juga hadir langsung melihat pelaksanaannya," ujar Adi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini mengaku sangat terkesan dengan pelaksanaan vaksinasi booster ini. Sebab hampir tidak ada penumpukan. Bahkan hingga pukul 13.00 WIB, sudah ada 700 lebih orang yang divaksin.

"Tidak ada antrian bukan berarti tidak ada yang vaksin. Tapi prosesnya yang sangat cepat. Mungkin karena sudah pengalaman menggelar vaksinasi Covid-19 sebelumnya," ujarnya.

Adi mengakui, jika saat ini Surabaya tengah terjadi lonjakan Covid-19 seiring munculnya varian Omicron. Untuk itu, dengan dilaksanakannya vaksin booster ini bisa memproteksi masyarakat, diri sendiri dan keluarga dari ancaman Covid-19.

"Di Surabaya Covid-19 memang naik. Tapi angka kesembuhannya juga sangat tinggi. Kita percaya Pemkot Surabaya dengan seluruh jaringan pemerintahan terus siap siaga menghadapi kenaikan Covid-19,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono menambahkan, vaksinasi booster ini total vaksin yang disiapkan sebanyak 4.000 dosis dengan jenis AstraZeneca. Vaksin ini bantuan dari Pemkot Surabaya sebanyak 3.000 vaksin dan dari TNI sebanyak 1.000 vaksin.

"Vaksinasi ini digelar selama tiga hari mulai Rabu hingga Jumat atau tanggal 9-11 Februari 2022. Pada hari pertama kami targetkan ada 1.500 orang yang ikut vaksin booster. Vaksin ini diperuntukkan pekerja, keluarga pekerja, PKL dan warga sekitar. Untuk pendaftarannya melalui online sehingga tidak ada antrian yang berlebihan," jelasnya.

Sama seperti vaksinasi sebelumnya, lanjut Didik, pelaksanaan vaksin dosis ketiga booster ini untuk membangun imunitas dalam menghadang laju Covid-19, khususnya varian Omicron disektor pelaku ekonomi di kawasan industri. Selain itu juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 PT SIER.

"Alhamdulillah untuk vaksinasi booster ini prosesnya lebih cepat dan tidak ada antrian yang berarti. Mudah-mudahan upaya ini membantu percepatan penyerapan vaksin booster di pekerja kawasan industri, ujungnya bisa membangun imun pekerja roda perekonomian tetap terjaga dan tumbuh. Disiplin prokes yes, bangun imun lewat vaksin yes," pungkas alumnus Fakultas Ekonomi Unair ini.

Lancarnya proses vaksinasi ini juga diakui salah seorang karyawan PT Alam Jaya, Rifai, yang ikut vaksinasi booster yang digelar PT SIER. Menurutnya, prosesnya sangat lancar dan tidak perlu menunggu waktu lama dia sudah disuntuk vaksin dan pulang dapat es krim gratis.

"Saya mulai datang hingga selesai divaksin hingga dapat es krim Campina, semua gratis tidak sampai 10 menit. Prosesnya sangat lancar. Di perusahaan kami ada sekitar 40 orang yang ikut vaksin. Kami tidak diwajibkan perusahaan untuk ikut vaksin booster, hanya ada pemberitahuan saja. Tapi kami ikut vaksin booster untuk kebaikan kami melindungi dari Covid-19," pungkasnya.