Ringankan Beban Pelaku Usaha Ultra Mikro, Gubernur Khofifah Salurkan Zakat Produktif dan Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat operasi pasar minyak goring di Jombang /ist
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat operasi pasar minyak goring di Jombang /ist

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kembali menyalurkan program zakat produktif untuk modal usaha dan sembako, di Kantor UPT Dispenda Jatim, jalan Presiden KH Abdurrahman Wahid, Jombang, Sabtu (12/2).


Selain itu, Gunernur Khofifah juga menggelar operasi pasar sebagai upaya antisipasi mahal dan langkanya minyak goreng.

Kedatangan orang nomer satu di Jatim ini disambut dan didampingi langsung Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab serta Anggota DPR RI Ema Umiyyatul Chusnah.

Khofifah juga mengajak Kepala OPD terkait di Provinsi Jawa Timur, Direktur PWU, Direktur Bank Jatim dan jajaran BUMD Jawa Timur lainnya, serta Kepala Bakorwil Bojonegoro.

Khofifah menyebut bahwa Pemerintah Provinsi dengan berbagai pihak telah memggelar operasi pasar minyak goreng disejumlah daerah sejak tanggal 19 Januari yang lalu. Sebagai upaya menekan harga dan langkanya pasokan minyak dititik kehadirannya.

"Masih adanya distribusi minyak goreng yang masih sering kurang lancar itu minimal bisa tersupport di titik dimana kami hadir," kata Khofifah usai membagikan zakat produktif dan menggelar operasi pasar minyak goreng, dikutip Kantor Berita Rmol Jatim, Sabtu (12/2).

 Langkah ini diharapkan oleh Gubernur Khofifah juga diikuti Bupati/Walikota di seluruh Jawa Timur. Ia menyerukan kepada seluruh Bupati/Walikota juga ikut melakukan hal yang sama. Yakni menggelar operasi pasar minyak goreng.

Karena dengan hadirnya pasar ini, minyak goreng yang tersedia juga dibawah dari HET Pemerintah per 1 Februari sebesar Rp. 14.000, dalam operasi pasar ini hanya sebesar Rp 12.500 per liter yang masing-masing warga mendapat kuota dua liter, jadi Rp 25.000 untuk satu warga," ujar Khofifah.

Khofifah mengungkapkan apa yang di lakukan ini sebetulnya bagian dari upaya penetrasi pasar dan ini masih jauh dari pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Selain operasi pasar, juga telah disalurkan bantalan ekonomi kepada pelaku ultra mikro melalui zakat produktif sebesar Rp 500 ribu, yang didalam jangkauan zakat produktifnya.

Di lokasi sama, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas apa yang diberikan oleh Gubernur Khofifah untuk masyarakat Jombang. Ia berharap hal itu menjadi keberkahan dari Allah SWT dan membantu pelaku usaha ultra mikro.

“Saya apresiasi dan syukur Alhamdulillah, Ibu Gubernur langsung memerintahkan seluruh jajaran untuk operasi pasar minyak goreng, dan memberikan bantuannya terhadap pelaku usaha ultra mikro," ujarnya.