Muskercab NU Bondowoso Digelar di Kantor DPRD, Begini Terobosannya

Suasana Muskercab PCNU Bondowoso/RMOLJatim
Suasana Muskercab PCNU Bondowoso/RMOLJatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bondowoso menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) I. Agendanya menyusun program kerja yang selaras kepentingan masyarakat.


Muskercab I yang diikuti para pengurus, lembaga dan banom ini berlangsung di kantor DPRD Bondowoso, Sabtu (19/2).

Ketua PCNU Bondowoso KH Abdul Qodir Syam mengatakan bahwa Muskercab ini menindaklanjuti hasil konferensi. Menurut dia, Muskercab akan menyusun program lima tahun kedepan, terutama menyongsong satu abad NU.

"Apa-apa yang menjadi prioritas akan diaplikasikan dalam program kerja," tuturnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Kemudian, kata Kiai Qodir untuk pelaksanaanya akan ditindak lanjuti oleh seluruh lembaga dan Banom serta seluruh MWC NU di 23 kecamatan di Bondowoso.

Lebih lanjut, PCNU Bondowoso juga komitmen menjaga marwah bangsa yang saat ini mulai mengusik masyarakat serta mengedukasi masyarakat bagaimana berbangsa dan bernegara yang baik.

"Artinya NU membantu kerja pemerintah yang mana kerja itu mereka anggap sulit tetapi kami mampu lakukan," tandasnya.

Sementara itu, Ahmad Dhafir salah satu Mustasyar PCNU Bondowoso mengatakan bahwa digelarnya Muskercab di kantor DPRD merupakan pengaplikasian sila ke 4, yakni kerakyatan dan permusyawaratan.

"Jadi apa yang menjadi kebutuhan rakyat bisa dimusyawarahkan disini," ujarnya Ahmad Dhafir yang juga Ketua DPRD Bondowoso tersebut.

Disinggung dukungan legislatif terhadap NU Bondowoso, pihaknya sebagai lembaga yang fungsinya pengawasan dan pelayanan terhadap aspirasi masyarakat akan memfasilitasi keinginan yang ada pada masyarakat sendiri.

"Dalam Muskercab ini melahirkan banyak hal yang sebetulnya memang kami lakukan di legislatif," lanjutnya.

Muskercab PCNU ini, kata Dhafir merupakan motivasi baginya karena apa yang menjadi agenda NU Bondowoso merupakan program yang menjadi kebutuhan masyarakat.