Berkat Jenderal Listyo Sigit, Wajah Polri Sudah Berubah 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Net
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Net

Secara umum, reformasi Polri menuju Presisi sudah menampakkan hasil positif.


Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII), Eri Moch Roffi menyebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai pemimpin tertinggi kepolisian telah mampu memberikan teladan dan contoh baik bagi anggota Polri. Terutama dalam hal mengedepankan aspek sosial dan humanisme.

"Memang masih ada saja oknum anggota Polri yang melalukan kesalahan, tetapi secara umum institusi Polri saya lihat sudah banyak berubah. Polri Predidi di bawah Kapolri Jenderal Listyo saya rasa sebuah keniscayaan," kata Eri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/2).

Salah satu wujud nyata yakni saat Kapolri turun langsung menjenguk Sinta Auliya Maulidiyah (10), bocah penderita penyakit tumor tulang di kakinya, yang dirawat di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Bersama istrinya, Juliati Sapta Dewi Magdalena, Kapolri menemui Sinta yang tengah dirawat dan memberikan motivasi agar anak itu segera sembuh.

Sinta merupakan warga Desa Samaran, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah yang sempat viral meminta bantuan biaya operasi.

Kapolri langsung meminta Kapolres Rembang, AKBP Dandy Ario Yustiawan untuk mengirim Sinta ke RS Polri untuk mendapatan perawatan intens.

"Ini bukan main. Humanisme yang ditunjukan Polri untuk Sinta sangat menyentuh hati," lanjut Eri.

Selain sisi sosial dan humanisme, pendekatan penegakan hukum Polri saat ini juga lebih humanis. Salah satunya mendahulukan kebijakan untuk mendahulukan restorative justice (RJ).

"Penerapan pendekatan RJ dalam penanganan perkara oleh Polri, saat ini bisa dirasakan masyarakat dampak positifnya," tandasnya seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL.


ikuti update rmoljatim di google news