Satu Pesawat Militer Ukraina Ditembak Jatuh, Lima Tewas

Personel darurat bekerja di lokasi jatuhnya pesawat militer Ukraina di selatan Kyiv pada Kamis/Net
Personel darurat bekerja di lokasi jatuhnya pesawat militer Ukraina di selatan Kyiv pada Kamis/Net

Konflik antara Rusia dan Ukraina semakin memanas, korban jiwa pun tak terelakan mulai berjatuhan.


Pada Kamis (24/2) waktu setempat, polisi Ukraina dan dinas darurat negara mengkonfirmasi jatuhnya pesawat militer mereka. Lima orang dilaporkan tewas.

Reuters melaporkan, pesawat dengan 14 orang di dalamnya jatuh sekitar 20 kilometer selatan Kiev, di tengah laporan beberapa lokasi di sekitar kota yang diserang pasukan militer Rusia.

Pasukan Rusia menginvasi Ukraina melalui darat, udara dan laut pada Kamis dalam serangan terbesar oleh satu negara terhadap negara lain di Eropa sejak pecahnya Perang Dunia Kedua.

Seorang juru bicara  Kementerian Luar Negeri Ukraina  menggambarkan aksi militer Rusia Kamis sebagai "tindakan perang" dalam sebuah pernyataan yang diposting ke Facebook.

"Ini adalah tindakan perang, serangan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, pelanggaran berat terhadap PBB dan norma-norma dasar serta prinsip-prinsip hukum internasional," kata juru bicara Oleg Nikolenko dalam pernyataannya.

Konflik militer bermula ketika Presiden Vladimir Putin memerintahkan operasi militer ke Donetsk dan Luhansk, tak lama setelah Rusia mengakui kedaulatan dua wilayah yang dikuasai separatis tersebut.