Luhut Disebut Dalang Wacana Penundaan Pemilu 2024, Pengamat: Dipersepsi Restu Jokowi

Luhut Binsar Pandjaitan/Net
Luhut Binsar Pandjaitan/Net

Menteri Koordiantor Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan disebut sebagai aktor di balik wacana menunda Pemilu 2024. Luhut pun diminta menjelaskan secara utuh dan gamblang soal dugaan ini.


Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritongan mengatakan, Luhut perlu mengklarifikasi soal dugaan ini. Sebab, sosok Luhut ialah pensiunan tentara dengan pangkat terakhir Jenderal bintang empat.

“Luhut mantan tentara tentu diyakini taat konstitusi. Selama menjadi tentara ditanamkan untuk mengawal Pancasila dan UUD 1945. Hal itu sudah menjadi harga mati bagi setiap prajurit TNI,” kata Jamiluddin kepada Kantor Berita Poltik RMOL, Rabu (3/3) malam.

Mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta ini menekakan bahwa klarifikasi langsung dari Luhut sangat diperlukan guna meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan Joko Widodo.

“Sebab, nama Luhut tidak hanya terkait dengan dirinya sendiri. Setiap gerak gerik politik Luhut kerap dikaitkan dengan Jokowi,” kata Jamiluddin.

“Seolah apa yang dilakukan Luhut dipersepsi masyarakat sebagai restu Jokowi,” kata Jamiluddin menambahkan.

Oleh sebab itu, untuk mencegah persepsi liar Luhut perlu secara terbuka mengklarifikasi semua spekulasi terkait dirinya, khususnya dugaan keterlibatannya dalam penundaan pemilu. Klarifikasi itu juga akan dapat sedikit meredakan kegaduhan politik di tanah air.