DPRD Jatim Soroti Persaingan Seleksi Terbuka Sekdaprov Jatim

Freddy Purnomo/net
Freddy Purnomo/net

Jelang pelaksanaan seleksi assesment terhadap delapan nama peserta yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya (JPTM) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, DPRD Jatim meminta agar persaingan pencalonan Sekdaprov Jatim berjalan sehat.


Hal itu dikatakan oleh anggota Komisi A DPRD Jatim,  Freddy Poernomo.

 "Negara ini adalah negara hukum, jadi dalam persaoalan hukum hendaknya mngedepankan azas legalitas dan paraduga tak bersalah," kata politikus Partai Golkar saat dikonfirmasi Selasa (15/3).

Lebih jauh alumnus Fakultas Hukum Unair Surabaya ini berharap apapun isu yang berkembang harus dinilai dengan sebuah obyektivitas.

 "Bagi kami di DPRD Jatim, siapapun berhak ikut mencalonkan asal memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh panitia seleksi. Apalagi delapan nama yang lolos seleksi administrasi itu sudah menjabat eselon II, namun lebih bagus lagi jika mereka juga sudah ikut Diklatpim I walaupun itu bukan syarat wajib," kata Freddy Poernomo.

Begitu juga soal siapa nantinya yang akan terpilih, Freddy menyerahkan sepenuhnya kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa  untuk memilih tiga nama yang direkomendasikan Pansel.

 "Saya menilai delapan nama calon sekdaprov Jatim  yang lolos seleksi administrasi itu semuanya sudah layak. Tinggal pansel yang punya penilaian untuk dikrucutkan menjadi tiga nama untuk dipilih oleh Gubernur," imbuhnya.