Hari Ini, Gresik Gelar Pilkades Serentak

Sebanyak 47 desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Gresik, hari ini bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.


Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Suyono berharap pelaksanaan Pilkades di 47 desa bisa berlangsung dengan aman dan lancar.

"Semoga pesta demokrasi ditingkat desa ini, bisa berlangsung dengan kondusif dan tidak ada gejolak apapun," katanya kepada Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (26/3).

Sebagai langkah antisipatif lanjut Suyono, pihaknya bersama petugas terkait dari unsur kepolisian, TNI dan Satpol PP terus melakukan monitoring dilokasi yang mengelar Pilkades.

"Petugas gabungan dari TNI Polri dan Satpol PP, sejak tadi malam sudah ditempatkan di sejumlah lokasi tempat pemungutan suara (TPS) hingga selesainya penghitungan suara atau penetapan pemenang," tuturnya.

Pelaksanaan Pilkades kali ini sambungnya berbeda dengan biasanya, karena dalam kondisi pandemi. Maka warga yang memiliki hak pilih, saat mengikuti kegiatan diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. 

"Kepada para pendukung calon kepala desa yang maju dalam Pilkades serentak ini, bisa menjaga diri dengan tidak melakukan kegiatan apapun. Apalagi menganggu atau menimbulkan kegaduhan," imbaunya.

"Mari bersama-sama, kita ciptakan suasana damai dan aman dalam Pilkades ini. Siapapun nantinya yang terpilih maupun yang kalah (tidak terpilih), bisa legowo dan tidak melakukan kegiatan berlebihan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," tandasnya. 

Untuk diketahui sesuai dengan ketentuan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak 2022 bakal berlangsung, mulai pukul 07.00 hingga 12.00 WIB. Sementara itu, Pilkades serentak hanya di gelar di 47 desa dari 330 desa yang berada di Kabupaten Gresik.