Ahmad Muzani Puji Produk Alkes SMK 1 Muhammadiyah: Semoga Tembus Pasar Nasional

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani/Ist
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani/Ist

Pimpinan MPR RI mengapresiasi pelajar Indonesia yang terus berinovasi di masa pandemi Covid-19. Salah satunya, pelajar SMK 1 Muhammadiyah Sukoharjo yang berinovasi dengan memproduksi alat kesehatan.


Apresiasi itu disampaikan Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani saat mengunjungi SMK 1 Muhammadiyah Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/4).

Pada kunjungan itu, Muzani melihat langsung produk alkes, yang salah satu produk unggulan diantaranya adalah produk tempat tidur elektronik bagi pasien di rumah sakit.

Satu paket alkes berupa tempat tidur pasien elektronik dibandrol Rp 20 juta rupiah. Harga itu dinilai lebih murah dibandingkan produk-produk alkes buatan luar negeri.

"Tadi disampaikan bahwa 55 rumah sakit Muhammadiyah se-Jawa Tengah menggunakan produk alkes yang dibuat oleh siswa SMK 1 Muhammadiyah Sukoharjo. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia," kata Muzani.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra ini mengatakan, keterampilan seperti ini harus dijaga. Caranya dengan memperbaiki kualitas produksi alkes yang dilakukan oleh anak-anak SMK 1 Sukoharjo.

Dengan begitu, kata Muzani, optimisme dalam menjaga semangat menuju Indonesia maju akan semakin nyata. Hal itu sejalan dengan pesan Presiden Joko Widodo untuk menggunakan anggaran negara dalam pengadaan barang-barang produk dalam negeri.

"Beberapa waktu lalu Presiden Jokowi berpesan kepada kita semua untuk menggunakan produk dalam negeri, mencintai produk dalam negeri. Dan tidak melakukan impor secara terus menerus. Ini pesan yang harus kita tangkap dan kita laksanakan," ujarnya.

"Dengan demikian harapan saya, alkes yang diproduksi di SMK 1 Sukoharjo bisa masuk ke pasar nasional," imbuhnya dikutip Kantor Berita Politik RMOL.

Selain itu, dia juga berharap inovasi pelajar SMK 1 Sukoharjo menjadi contoh dan motivasi pelajar-pelajar di Indonesia untuk kreatif dan terus berinovasi.

"Dan hari ini dalam kunjungan di SMK Muhammmadiyah, saya melihat etos produktivitas Muhammadiyah yang tak pernah padam dan terus berkarya. Begitu pun Nahdlatul Ulama juga demikian," pungkasnya.

Selain berkunjung ke SMK 1 Muhammadiyah Sukoharjo, Ahmad Muzani juga mengunjungi Masjid Agung Madaniyah Karang Anyar. Dia memberikan sumbangan berupa 99 Al Quran kepada takmir masjid tersebut.

Dalam kunjungan ini, Muzani didampingi oleh anggota Komisi II DPR sekaligus Ketua OKK DPP Gerindra, Prasetyo Hadi dan Wakil Ketua Umum Gerindra Gus Irfan. Beserta jajaran anggota DPRD Provinsi Gerindra se Jawa Tengah.