Ketua DPD RI Minta Pemerintah Desak Arab Saudi Beri Kepastian Kuota Haji 2022

 Ketua DPD RI, LaNyalla Mahmud Mattalitti/Net
Ketua DPD RI, LaNyalla Mahmud Mattalitti/Net

Pemerintah Indonesia diminta segera meminta kepastian kuota haji tahun 2022 kepada pemerintah Arab Saudi. Itu penting karena akan berpengaruh terhadap persiapan penyelenggaraan ibadah haji itu sendiri.


"Kepastian ini penting supaya persiapan bisa dilakukan dengan baik, mengingat beberapa syarat yang harus dipenuhi," kata Ketua DPD RI, LaNyalla Mattalitti dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (12/4).

Senator asal Jawa Timur ini mengaku bersyukur ibadah haji tahun 2022 telah dibuka, walaupun masih dengan kuota 1 juta jemaah. Pembukaan itu memberikan kepastian kepada calon jemaah haji asal Indonesia yang sudah tertunda selama 2 tahun.

Namun begitu, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, Indonesia sudah seharusnya mendapatkan kuota maksimal dalam urusan haji ini.

"Jumlah kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi. Makanya saya minta pemerintah kita untuk melobi Arab Saudi sehingga kuota kita mendapat tambahan lebih banyak," tegasnya.

LaNyalla juga mengingatkan perlunya prioritas dan klasifikasi jemaah calon haji yang akan berangkat. Hal itu penting supaya tidak menimbulkan kegaduhan di kemudian hari.