Libur Lebaran, Pelindo Terminal Petikemas Tetap Beroperasi

Terminal Petikemas/ ist
Terminal Petikemas/ ist

PT Pelindo Terminal Petikemas atau SPTP memastikan tetap beroperasi selama libur bersama perayaan Idul Fitri tahun 2022.


Corporate Secretary SPTP, Widyaswendra mengatakan terminal peti kemas di bawah pengelolaan SPTP akan tetap melayani kebutuhan pengguna jasa. 

Pelayanan dimaksud meliputi serangkaian kegiatan penanganan aktivitas bongkar muat peti kemas di dalam terminal. Pengiriman maupun penerimaan peti kemas juga akan berjalan sebagaimana biasanya.

“Kami tetap menghormati dan memberikan kesempatan kepada para pekerja di lapangan untuk dapat merayakan Idul Fitri, sehingga ada penghentian sementara kegiatan operasional pada H-1 pukul 16:00 hingga hari pertama Idul Fitri atau sesuai ketentuan dari otoritas pelabuhan di masing-masing terminal, bisa jadi antar terminal berbeda,” jelasnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (1/5).

Lebih lanjut, pelayanan operasional selama libur lebaran merupakan bagian dari upaya untuk menjamin kelancaran arus logistik. Terlebih, saat ini SPTP menjadi operator terminal peti kemas yang mengelola 27 terminal di seluruh wilayah Indonesia.

Serangkaian pembenahan tengah dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan di setiap terminal peti kemas yang dikelola oleh perseroan. Pembenahan dimaksud meliputi standardisasi dan digitalisasi bisnis proses, peningkatan kompetensi bagi pekerja dan juga TKBM, serta peningkatan kehandalan peralatan penunjang kegiatan terminal.

"Standardisasi yang kami lakukan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas yang berdampak pada percepatan waktu singgah kapal di terminal (port stay) sehingga kapal dapat segera berlayar dan diharapkan dapat memangkas biaya logistik," pungkasnya.