Perkenalkan Potensi Agro Wisata, Warga Dusun Shoberoh Gratiskan Minum Legen Sampai Puas

Warga menikmati minum legen gratis di Dusun Shoberoh Desa Dalegan Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik/RMOLJatim
Warga menikmati minum legen gratis di Dusun Shoberoh Desa Dalegan Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik/RMOLJatim

Warga Dusun Shoberoh Desa Dalegan Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, punya cara unik untuk mengenalkan potensi agro wisata yang ada di daerahnya.


Daerah yang dikenal sebagai penghasil legen (minuman yang dibuat dari pohon siwalan) membagikan sebanyak 500 liter legen secara gratis kepada masyarakat yang berkenan mengunjungi Dusun Shoberoh.

Kepala Dusun Shoberoh, Suharman, mengatakan dusunnya memang dikenal sebagai Kampung Legen. Karena mayoritas warganya bekerja sebagai petani Pohon Siwalan.

"Tujuan dari kegiatan ini, untuk mempromosikan minuman legen yang banyak diproduksi warga Shoberoh agar kian dikenal masyarakat secara luas," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (15/5).

"Kita kemas acaranya dengan nama 'Minum Legen Bareng",  ini panitia sengaja mengemas minuman dari Pohon Siwalan ini dalam wadah galon air mineral. Agar pengunjung bisa ambil  disediakan juga es batu dan gelas kosong agar pengunjung bisa minum sepuasnya," tuturnya. 

Ditambahkan Suharman, minuman legen perliternya dihargai Rp 8 ribu yang selama ini banyak dijual pedagang ditepi jalan raya. Pohon Siwalan juga memiliki buah ental yang rasanya manis dan kenyal jika di makan. 

"Kami bersama kelompok masyarakat (Pokmas) Kampung Legen berharap dengan banyaknya masyarakat yang tahu, maka penjualan legen semakin banyak dan ekonomi masyarakat disini bisa semakin meningkat," ungkapnya. 

Sementara Hanif salah seorang pengunjung yang datang ke lokasi kegiatan mengaku sengaja datang bersama keluarganya lantaran penasaran dengan rasa legen yang baru diambil dari pohonnya langsung.

"Penasaran seperti apa rasanya kalau dari pohonnya langsung, ternyata segar dan nikmat. Apalagi kalau legennya dikasih es batu tambah mantap," ujar warga Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah ini.