Bupati Bondowoso Apresiasi adanya Festival Lansia

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Kecamatan Curahdami menjelang hari lanjut usia (lansia) menggelar festival dengan berbagai kegiatan dan hadiah menarik, Jum'at (27/5). Beberapa kegiatan dalam festival lansia tersebut diantaranya jalan-jalan sehat lansia, senam lansia, pemeriksaan kesehatan gratis, makan buah bersama yang dimulai sejak pagi hari di halaman kantor kecamatan Curahdami dan di hadiri oleh Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin.


Ditemui sejumlah media, Bupati Salwa mengaku bangga dan apresiasi terhadap gelaran festival lansia tersebut karena dianggap mampu memberi perhatian khusus terhadap para lansia.

"Selama ini lansia kurang mendapat perhatian, jadi ini sangat bagus untuk bisa ditiru daerah lain," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Tidak menutup kemungkinan, Bupati juga akan menggelar tingkat kabupaten Bondowoso untuk hari Lansia selanjutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bondowoso, Muhammad Imron menambahkan bahwa agenda hari Lansia merupakan agenda tahunan dan khusus tahun ini Curahdami memulai festival lansia tersebut.

"Ada beberapa inovasi yang tercipta untuk lansia dalam festival ini,". tuturnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini bisa direplikasi kecamatan lain, khusus untuk Curahdami akan dinominasikan sebagai kecamatan layak lansia dengan berbagai indikator yang mendukung.

"Seperti ditempat umum ada akses khusus bagi lansia yang memudahkan," ujarnya.

Terakhir, Imron mengaku tantangan terberat bagi lansia di Bondowoso dalam menjaga kesehatan adalah masih banyaknya dari mereka yang tetap merokok.

"Ini kan seperti kalian-kalian ini yang masih suka menghisap (rokok)," pungkasnya.