Energi Ramah Lingkungan, Pemprov Jabar Mulai Garap Pengembangan PLTB

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat kunjungan dinas ke London, Inggris/Ist
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat kunjungan dinas ke London, Inggris/Ist

Pengembangan energi baru terbarukan menjadi komitmen dan program yang akan diwujudkan Pemprov Jabar, untuk mengurangi emisi karbon.


Hal tersebut terungkap saat Gubernur Jabar, Ridwan Kamil melakukan kunjungan dinas luar negeri ke London, Inggris, dan menjajaki kerja sama dengan Ryse Energy.

Ryse Energy merupakan perusahaan pengembang energi baru terbarukan dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB).

Ridwan Kamil mengatakan, Indonesia memiliki kewajiban terkait energi ramah lingkungan. Namun untuk kerja sama dengan Ryse Energy, pihaknya memulai dari skala kecil.

"Karena yang skala besar biasanya prosesnya lama. Saya senang walau skala kecil, tapi konkret," kata Emil sapaan Ridwan Kamil dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar, Kamis (26/5).

Adapun terkait pengembangan PLTB dengan Ryse Energy, kata Emil, pihaknya telah merencanakan melakukan survei kembali di beberapa lokasi di Jawa Barat pada Juni 2022.

Ia menyebutkan, sebelumnya pengembangan PLTB pun pernah dibahas bersama Ryse Energy, di mana mereka juga ingin membuat uji coba di Jawa Barat.

"Ini juga merupakan komitmen Jawa Barat untuk mengurangi emisi karbon dengan langkah-langkah nyata dan jangka panjang,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Jabar Ai Saadiyah Dwidaningsih mengatakan, ada beberapa lokasi di Jawa Barat yang potensial, tetapi perlu dilakukan sejumlah langkah pengembangan. 

"Langkah pengembangan yang perlu dilakukan mencari mitra yang bisa bekerja sama dengan Ryse Energy, dan yang memungkinkan antara lain Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jabar," kata dia.


ikuti update rmoljatim di google news