Ridwan Kamil Puji Prabowo Tak Balas Serangan Anies dan Ganjar: Bukti Kualitas Negarawan

Ketua TKD Prabowo-Gibran Jabar, Ridwan Kamil/RMOLJabar
Ketua TKD Prabowo-Gibran Jabar, Ridwan Kamil/RMOLJabar

Debat ketiga Capres 2024 yang digelar KPU RI, pada Minggu malam (8/1), berlangsung sengit. Serangan bertubi diterima Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto, dari dua kandidat lainnya.


Menurut Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jabar, Ridwan Kamil, serangan itu tak lepas dari tema yang diangkat soal Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik. Di mana tema-tema itu sesuai jabatan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan.

“Karena bidangnya, (Pak Prabowo) terlihat banyak diserang kompetitor, dan Pak Prabowo tidak balik menyerang. Itu menunjukkan pemimpin, harus punya kualitas kenegarawanan,” tegas Emil, sapaan akrabnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Senin (8/1).

Emil berpandangan, Prabowo justru lebih fokus pada gagasan. Bukan bertanya atau mengorek track record dua kompetitornya. Contohnya soal pembangunan fakultas untuk menyiapkan SDM di sektor pertahanan.

“Artinya, tidak hanya urusan Alutsista, tetapi juga SDM-nya. Itu kan konkret, bukan membahas apa yang sudah dikerjakan dan lain sebagainya,” ujar Emil.

Disinggung upaya membunuh karakter Prabowo, Emil menilai serangan Capres lain sebagai risiko dalam kontestasi politik. Namun ia berharap masyarakat menyikapi dengan bijak.

“Bahwa yang dibutuhkan di masa depan adalah yang fokus pada gagasan, pada solusi. Kita serahkan hasilnya kepada masyarakat,” pungkas Emil.