GM FKPPI Jatim Siap Dukung Pemerintah Cetak Satu Juta Wirausaha Mapan Baru

Didik Prasetiyono / ist
Didik Prasetiyono / ist

Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan dan Putra-putri TNI/Polri (GM FKPPI) Jawa Timur, turut menghadiri acara Komunikasi Sosial (Komsos) Keluarga Besar TNI Tingkat Pusat Tahun Anggaran 2022, yang dilaksanakan secara virtual di Command Center Ruang Hayam Wuruk Makodam V/Brawijaya.


Dalam acara tersebut, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, memberikan arahan tertulis yang dibacakan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), Mayjen TNI Agus Subiyanto. Selain itu, juga ada penyampaian materi pemulihan ekonomi nasional yang disampaikan Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki.

Saat acara Komsos Keluarga Besar TNI itu, hadir Pangdam V/Brawijaya Nurchahyanto bersama jajarannya, Sekretaris GM FKPPI Jatim Didik Prasetiyono dan beberapa undangan lainnya.

Menurut Sekretaris GM FKPPI Jatim, Didik Prasetiyono, GM FKPPI Jatim siap melaksanakan sejumlah poin arahan Kasad tersebut. Seperti ikut mendukung TNI meredam radikalisme yang masih menjadi ancaman negeri ini.

"Ada banyak poin penting yang disampaikan Pak Kasad juga Pak Menkop dan UKM. Sebagai bagian dari Keluarga Besar TNI, GM FKPPI Jatim siap melaksanakan arahan-arahan tersebut, sesuai permintaan Ketua Umum GM FKPPI Dwi Rianta Surbakti untuk langsung di-relay via aplikasi zoom meeting ke seluruh Pengurus Cabang GM FKPPI seluruh Indonesia, kami bergelora mendengarkan arahan Pak Kasad dan siap melaksanakan arahan-arahan tersebut," ujar Didik, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu, (1/5)

Selain terkait ikut meredam radikalisme, kata Didik, ada poin penting lainnya yang menjadi catatan GM FKPPI Jatim. Yakni arahan agar GM FKPPI sebagai Keluarga Besar TNI harus bisa menjadi teladan bagi organisasi-organisasi lain, menjalankan komunikasi sosial untuk membangun solidaritas dan soliditas bangsa.

"Pak Kasad juga meminta kami untuk menjadi pioneer dan motivator menjaga nilai-nilai luhur Pancasila, serta menjadi pelopor menjaga Kebhinekaan dan NKRI," ungkap alumnus Faskultas Ekonomi Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair) ini.

Secara khusus, lanjut Didik, Kasad juga memberikan pesan khusus kepada TNI Angkatan Darat, untuk selalu menerima saran konstruktif bagi kemajuan TNI, dan selalu mengharumkan nama TNI.

"Tak lupa Pak Kasad juga meminta Keluarga Besar TNI dan TNI Angkatan Darat untuk memanfaatkan teknologi digital dan media sosial (medsos), yang saat ini sangat berkembang pesat. Teknologi digital dan medsos ini bisa menjadi alat menjaga nilai-nilai luhur Pancasila dan menjaga Kebhinekaan dan NKRI," ungkapnya.

Sementara itu, kata Didik, dalam paparannya Menkop dan UKM RI Teten Masduki, menekankan pentingnya pengembangan UMKM di Indonesia melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Selama ini UMKM telah menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

"Pemerintah kini sedang bekerja keras mencetak satu juta wirausaha mapan baru. Pertumbuhan wirausaha baru di Indonesia kini berada pada angka 3,1 persen menjadi 3,95 persen wirausaha di 2024 mendatang," jelasnya.

Guna mendukung target pemerintah tersebut, kata Direktur Operasi PT SIER ini, GM FKPPI Jatim juga siap mendukung pemerintah untuk mencetak satu juta wirausaha baru yang mapan. "Sekali lagi, kami dari GM FKPPI Jatim siap mendukung dan melaksanakan apa yang telah menjadi arahan Pak Kasad dan paparan dari Pak Menkop dan UKM RI," tandasnya.


ikuti update rmoljatim di google news