Gelar Road Show Perizinan Usaha Gratis Bagi Pelaku UMKM, Begini Harapan Pemkab Bondowoso

Suasana road show perizinan di alun-alun Bondowoso/RMOLJatim 
Suasana road show perizinan di alun-alun Bondowoso/RMOLJatim 

Pemkab Bondowoso membuka road show pelayanan perizinan gratis meliputi izin Genset, Pariwisata, NIB, SIPA, Kehutanan, Konsultan Perizinan, Rabu (8/6) di Alun-alun Bondowoso.


Disampaikan Kepala Dinas  Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PTSP dan Naker) Nunung Setianingsih, pembuatan izin usaha gratis ini merupakan program Dinas Perizinan Provinsi Jawa timur, acara tersebut digelar secara umum karena pelaku UMKM banyak yang tidak memiliki izin usaha, khususnya pelaku UMKM di Bondowoso. 

Ditambahkannya, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang selama ini dimiliki masyarakat sudah tidak berlaku lagi, diganti dengan Nomor Induk Berusaha (NIB). 

"Dalam road show ini ditargetkan 900 pemohon izin NIB pelaku UMKM  sampai 9 Juni 2022," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Nunung mengatakan, manfaat pelaku UMKM yang memiliki NIB nantinya bisa menjadi prioritas apabila ada bantuan usaha, baik dari daerah maupun pusat. 

"Bagi yang mau membuat NIB sangat mudah, cukup bawa KT dan KK, kalau ada bawa HP android" sambungnya.

Sejak road show perizinan dibuka, tampak ratusan pelaku UMKM tampak memadati tempat pelayanan untuk mendaftar NIB. Turut hadir dalam pembukaan acara tersebut, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, Sekda Bambang Soekwanto, Kadis Kominfo Gazal Rawan.


ikuti update rmoljatim di google news