Gubernur Khofifah Launching 5 Maskot Porprov VII Jatim 2022 di Jember, Ini Maknanya

Maskot Porprov VII Jatim 2022 saat dilanching di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember/RMOLJatim
Maskot Porprov VII Jatim 2022 saat dilanching di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember/RMOLJatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi melaunching logo dan maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022 di Pendopo Kabupaten Jember, Selasa (14/6) siang.


Ada 5 maskot yang dilaunching yang melambangkan sebagai keperkasaan, ketangkasan dan icon dan keistimewaan masing-masing Kabupaten wilayah tapal kuda ini.

Adapun kelimanya adalah Pertama adalah Cak Beki, Maskot utama Porprov Jatim, kedua Si Jura maskot dari Kabupaten Jember, ketiga maskot Si Rancak dari Kabupaten Lumajang, keempat maskot Si Ulung dari Kabupaten Bondowoso dan kelima maskot Si Babal dari Kabupaten Situbondo.

"Cak Beki (maskot Provinsi Jatim) sebagai representasi salah satu fauna khas Jatim yakni Ayam Bekisar. Ayam yang merepresentasikan sifat berani, lincah, millenial dan berprestasi dan kekuatan warga Jawa Timur," ujar Gubernur Khofifah dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Khofifah didampingi Ketua Umum KONI Jatim M Nabil, jajaran Forkopimda Jatim serta Bupati empat daerah tuan rumah Porprov Jatim VII Tahun 2022.

Dia juga menjelaskan Maskot Kabupaten Jember, Si Jura adalah perlambang Macan Raung. Macan raung bermakna perkasa, kuat, eksotik, dan indah. Sehingga diharapkan atlet Jember dapat memenangkan seluruh cabang lomba.

Sedangkan Si Rancak alias Si Jaran Kencak, yang menjadi maskot Kabupaten Lumajang menggambarkan kesenian khas masyarakat Lumajang. Artinya adalah simbol kelincahan, kecepatan, kekuatan, ketangkasan, dan menjunjung tinggi sportivitas.

Tak kalah menariknya adalah  maskotnya Bondowoso Si Ulung alias Singo Ulung. Maskot ini merupakan nama yang diambil dari warisan budaya Bondowoso. Maskot tersebut juga menggambarkan semangat para atlet untuk meraih prestasi.

Maskot itu memegang obor sebagai lambang semangat yang berkobar. Menggunakan jaket sporty berwarna merah sebagai lambang keberanian dalam berjuang dan berkompetisi.

Memakai kaus bergaris hijau dan putih menggambarkan alam Bondowoso yang subur dan terjaga keberaniannya. Hal ini juga erat kaitannya dengan sebutan Bondowoso The Highland Paradise. 

Dan terakhir Maskot dari Kabupaten Situbondo, yakni Si-Babal alias Banteng Baluran. Pengambilan makot ini, karena terinspirasi dari hewan yang menjadi ikon di Taman Nasional Baluran. Banteng yang merupakan hewan sosial dan punya kekuatan serta gesit dan tangguh.

"Sedangkan, untuk logo Porprov VII ini sebenarnya tidak terlalu beda dengan logo Porprov sebelumnya, lambang Gapura khas Jatim dan obor api melambangkan bagaimana kobaran semangat para atlet untuk mengejar prestasi setinggi-tingginya," tegasnya.

Diketahui, Porprov VII Jatim tahun 2022 akan dihelat pada 25 Juni hingga 3 Juli 2022 mendatang di empat kabupaten wilayah tapal kuda. Yakni Kabupaten Jember, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo. 

"Acara pembukaan digelar 25 Juni di Jember dan penutupan digelar 3 Juli di Lumajang," pungkasnya.