Porprov Jatim VII 2022 Perebutkan 5.185 Medali dari 47 Cabor

Ketua KONI Jawa Timur M Nabil mendamping Gubernur Khofifah saat memberikan keterangan pers/RMOLJatim
Ketua KONI Jawa Timur M Nabil mendamping Gubernur Khofifah saat memberikan keterangan pers/RMOLJatim

Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) VII Jatim tahun 2022 akan digelar pada 25 Juni-2 Juli 2022 mendatang, di empat Kabupaten di Tapal Kuda, dengan memperebutkan 5.185 keping medali.


Sebanyak 5.185 medali itu terbagi dalam 47 Cabang Olahraga (Cabor) dengan 723 nomor yang dipertandingkan.

Dari sejumlah cabor tersebut, 18 Cabor akan digelar di Jember, 14 Cabor di Lumajang, 11 Cabor di Situbondo dan tujuh Cabor digelar di Bondowoso.

Demikian disampaikan Ketua KONI Jawa Timur M Nabil saat menyampaikan laporannya di hadapan Forkopimda Jawa Timur, Bupati dan Perwakilan KONI 4 Kabupaten, di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember, Selasa (14/6).

"Pada Porprov VII Jatim ini, ada 47 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan enam cabang olahraga baru yang dieksebisikan," ujar M Nabil dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dalam kesempatan itu juga diluncurkan Logo dan Maskot Porprov VII Jatim tahun 2022 oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Turut hadir Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto, Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar, Bupati Jember Hendy Siswanto, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati, Wakil Bupati Situbondo Khoirani dan Bupati Bondowoso Salwa Arifin.

Nabil menjelaskan, jumlah peserta yang ikut dalam Porprov VII Jatim ada 10.151 atlet, official tim 823, official cabor 3.512. Total 14.486 peserta. Jumlah peserta ini lebih banyak dari jumlah peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua.

"PON Papua hanya sembilan ribu, kita bersyukur, terima kasih dan menambah semangat bahwa kita bisa mencover seluruh aktivitas atlet-atlet masa depan Jawa Timur kita di daerah," ujarnya.

"Untuk kontingen jumlahnya susah dikejar daerah lain, kita hampir 15 ribu," tegas Nabil diikuti tepuk tangan hadirin.

Tak hanya pelaksanaan Porprov saja, lanjut Nabil, ada beberapa rangkaian agenda yang akan digelar mulai dari launching logo dan maskot dan kirab api Porprov. Paling baru Gebyar Porprov berupa super bike Jember-Lumajang serta pameran UMKM di empat daerah.

"Kegiatan ini diharapkan mampu mendongkrak ekonomi warga. Kami harap launching ini diberkahi Allah SWT, diridhoi dan diberikan yang terbaik bagi Jawa Timur dan Indonesia," harap dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasi atas komitmen KONI Jatim bersama empat kepala daerah yang turut menyukseskan pelaksanaan Porprov Jatim.

"Porprov merupakan ajang penting untuk mencetak atlet prestasi tak hanya di ajang nasional saja tapi juga sampai ke kancah dunia," kata Khofifah.

"Terima kasih masyarakat empat daerah luar biasa, Porprov ini membangun suasana sportivitas menjadikan atlet sportif dan borderless gak ada sukunya dan lain-lain," sambungnya. 

Menurut dia, dari olahraga ini saling memberikan kesetaraan perlakuan tanpa melihat suku agama dan adat istiadat. Yang penting bagaimana olahraga bisa mengantar patriot pembela Pancasila dan Indonesia. 

Tak sekadar olahraga saja, Khofifah berharap, gelaran Porprov Jatim ini dapat mendongkrak ekonomi masyarakat yang sempat terdampak pandemi Covid-19.