Porprov Vll Gunakan Api Biru Kawah Ijen, Bupati Bondowoso Sebut Itu Istimewa

Bupati Bondowoso (kiri) saat terima obor api Porprov dari sekda Bondowoso/RMOLJatim
Bupati Bondowoso (kiri) saat terima obor api Porprov dari sekda Bondowoso/RMOLJatim

Kirab api Porprov Vll terbilang istimewa bagi Bondowoso karena mengambil langsung dari api biru atau blue fire yang ada di Kawah Ijen, yang juga sebagian masuk wilayah Bondowoso.


Api biru Kawah Ijen tersebut akan diarak menuju 4 kabupaten yang menjadi tuan rumah Porprov Vll yakni Bondowoso, Situbondo, Jember dan Lumajang.

Di Bondowoso sendiri, Api Porprov yang diambil langsung dari api blue fire Kawah Ijen, Kecamatan Ijen tersebut diarak melintasi sejumlah kecamatan dan berakhir di Pendopo Bupati Bondowoso, Senin (20/6)

Kirab api Porprov juga diikuti oleh seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, pelaku seni budaya, KONI Jatim, KONI Bondowoso hingga komunitas sepeda motor.

Usai melintasi sejumlah kecamatan, kirab api Porprov mampir ke wisma Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat. Dalam kesempatan tersebut, Wabup Irwan secara simbolis memberangkatkan api Porprov dan 340 atlet ke Pendopo Kabupaten. 

Wabup Irwan berharap kegiatan pesta olahraga tersebut bisa berdampak positif untuk pembangunan Kabupaten Bondowoso terutama di sektor perekonomian dan olahraga.

"Saya mengucapkan banyak terimakasih terhadap semua panitia penyelenggara dan semua yang terlibat dalam kegiatan ini. Dengan mengucap Bismillahirrahmaanirrahiim, api Porprov ini saya nyatakan diberangkatkan," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati Bondowoso menambahkan, bahwa api biru yang digunakan dalam Porprov kali ini sangat istimewa karena diambil langsung dari gunung Ijen dan hanya ada dua tempat blue fire (api biru) itu di dunia, yakni di kawah Ijen dan Islandia.

"Saya berharap atlet dan kontingen Bondowoso mampu meningkatkan persatuan dan prestasi dalam ajang ini," ucap Bupati Salwa usai terima obor Porprov dihalaman Pendopo.

Ditambahkan oleh Ketua Panitia Porprov sekaligus Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Bambang Soekwanto bahwa rute kirab hari pertama ini dimulai dari Paltuding, Kampung Kopi Sukosari, Gardu Atak, Kapuran, Patemon hingga berakhir di Pendopo. 

"Besok hari kedua dimulai dari Pendopo, Kecamatan Tenggarang, Wonosari, Tapen, Klabang, Prajekan Lor hingga diserahterimakan kepada Sekda Kabupaten Situbondo," pungkasnya.