Kapal Fajar Nusantara Tenggelam di Kepulauan Sapudi Sumenep, 14 Penumpang Selamat

Kapal Motor (KM) Fajar Nusantara tenggelam di perairan Kepulauan Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, pada Rabu malam (6/21) lalu. Sebanyak 14 penumpang selamat. 


KM Fajar Nusantara sedang melakukan pelayaran dari Tanjung Perak Surabaya menuju Balikpapan. Kapal semuala akan memakai rute laut Jawa, namun kemudian balik arah ke perairan Kepulauan Sapudi lantaran cuaca buruk. 

Kendati demikian, KM Fajar Nusantara tiba-tiba diduga mengalami kebocoran pada lambung kapal, tepat ketika di titik kordinat  07009’08.1” LS // 114015’55,1” BT(sebelah barat pulau Sapudi). 

Beruntung Nahkoda KM Fajar Nusantara Satri Kukuh bersama 13 Anak Buah Kapal (ABK)-nya cepat tanggap memakai pelampung seadanya. 

Beruntung Nahkod KM Fajar Nusantara beserata 13 AKB-nya berhasil selamat setelah ditemukan oleh perahu nelayan Prabu Sakti yang dinahkodai oleh Munadi asal Kabupaten Situbondo. 

Munadi langsung mengevakuasi 14 orang laka laut itu ke Pelabuhan Penarokan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. 

Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti berdasar laporan Polsek Sapudi yang diterimanya dijelaskan, dugaan sementara penyebab laka laut itu yakni kebocoran pada lambung kapal. 

"Sementara informasi yang kami dapat hanya itu, tapi yang penting semua penumpang selamat dan sudah tiba di pelabuhan Penarokan pada hari Rabu 22 Mei 2022 sekira Pukul 08.00 Wib tadi," ujarnya.