Kuatkan Gerakan Nasionalisme, Kominfo Gelar Wayangan di Ngawi

Bupati Ngawi Ony Anwar menyerahkan wayang kepada Ki Dalang Warseno Slenk dalam program GSMS.
Bupati Ngawi Ony Anwar menyerahkan wayang kepada Ki Dalang Warseno Slenk dalam program GSMS.

Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2017 bertema tentang pemajuan kebudayaan membawa semangat baru dalam upaya perlindungan, pengembangan pemanfaatan, dan pembinaan kebudayaan nasional.


Sejalan dengan itu Presiden Republik Indonesia mengamanatkan agar memberikan peran strategis bagi kebudayaan nasional dalam pembangunan.

Untuk itu Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) adalah program yang dijalankan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam bentuk program seniman memberikan pembelajaran kesenian pada kegiatan ekstrakurikuler di sekolah mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA/SMK. 

Kali ini melalui Kementerian Kominfo melakukan road show menggelar pagelaran wayang kulit di Kabupaten Ngawi.

Ony Anwar, Bupati Ngawi menjelaskan, pertunjukan wayang kulit dengan Ki Dalang Warseno Slenk yang digelar di alun-alun Ngawi pada Jum'at, (24/6), malam tersebut merupakan agenda Kementerian Kominfo di daerah. 

Gelaran itu bertajuk 'Kesadaran Merawat Nasionalisme Melalui Budaya dan Kearifan Lokal' merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan budaya asli yang dimiliki bangsa Indonesia. 

"Kegiatan semalam merupakan satu rangkaian dari sosialisasi seniman masuk sekolah. Pada prinsipnya kegiatan tersebut merupakan agenda dari Kementerian Kominfo di daerah," terang Ony Anwar, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu, (25/6).

Jelas Ony, GSMS yang diharapkan mampu menginspirasi, memenuhi pendidikan anak seutuhnya, untuk membangun iklim sekolah yang menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan, dan menguatkan. Sekaligus menciptakan warga sekolah yang dapat mengapresiasi seni budaya yang ada di masyarakat.

Program GSMS ini dilaksanakan agar para peserta didik dapat menyerap secara langsung ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dimiliki seniman. Program ini dilaksanakan dalam rangka menanamkan kecintaan dan wawasan yang lebih luas tentang karya seni budaya sehingga dapat memperkuat karakter para peserta didik.