Sudah Diperbolehkan Sembelih Hewan Kurban di Masjid, Permintaan Jasa Potong Hewan di RPH Berkurang

Ilustrasi / net
Ilustrasi / net

Rumah Potong Hewan (RPH) Penggirian Surabaya telah melakukan pemotongan sejumlah kurban. Pemotongan itu dilakukan selama 2 hari, yakni pada Sabtu (9/7) dan Minggu (10/7).


Dirut RPH Surabaya, Fajar Arifianto mengatakan, ada 5 tim pemotongan dan 5 tim pengemasan yang telah disiagakan. 

"Karena pemerintah 10 Dzulhijjah besok, kita siapkan untuk besok full tim. 10 tim pemotongan dan 10 tim pengemasan dengan maksimal 70 ekor sapi yang kita potong. Hari ini ada 5 ekor yang kita potong," kata Fajar, Sabtu, (9/7).

Fajar menjelaskan, pembatasan kuota pemotongan maksimal 70 ekor itu bertujuan agar durasi pembagian pada masyarakat tidak terlalu sore. Harapannya, siang hari hingga 14.00 WIB, sudah menjadi waktu terakhir pemotongan.

"Supaya sore sudah bisa di distribusikan ke masyarakat. Kita menyiapkan dari Sabtu hingga Rabu terakhir. Jika warga membutuhkan jasa pemotongan RPH untuk kurban, kami siap untuk memfasilitasi pemotongan yang sehat di masa PMK saat ini" ujarnya.

Fajar menuturkan, pihaknya memang sengaja menjadwalkan 15 ekor sapi yang dipotong pada Sabtu (9/7/2022) 70 ekor di hari Minggu (10/7/2022), Senin (11/7/2022) 60 ekor, dan Selasa (12/7/2022) 40 ekor. 

Total hewan sapi untuk kurban yang dipotong di RPH Surabaya mencapai 168. Menurut Fajar, jumlah itu relatif sama dengan tahun lalu. 

"Yang banyak justru penjualan kami, 142 di RPH. Pemotongan berkurang karena di sejumlah masjid diperbolehkan untuk memotong. Kalau tahun sebelumnya COVID-19, jadi banyak yang ke RPH," tuturnya.

Maka dari itu, ia menyatakan pihaknya siap memfasilitasi masyarakat jika khawatir apabila pemotongan sendiri dengan kondisi darahnya menyebar kemana mana dan enggan terdampak PMK. Sebab, sebelum dan sesudah dipotong, ada standar pengecekan hewan oleh dokter hewan.

"Kita sehari Maksimal 70 ekor agar tidak overload. Khawatirnya, kalau terlalu sore selesainya kasihan panitia yang menunggu, makannya kami mulai jam 07.00 WIB," katanya.

Untuk sistem pembagian dan pemotongannya sendiri terbagi menjadi beberapa sesi. Setiap 1 sesi, mencapai 10 ekor. 

"Kalau 70 ekor berarti ada 7 kali sesi. RPH mempunyai kecepatan spesialisasi dalam hal pemotongan 1 ekor itu bisa selesai 20 menit. Kalau 1 sesi 10 berarti kan 10 ekor bisa setengah jam, yang lama itu di bagian pencacahannya," tutupnya.