Stadion Magenda Bondowoso Gelar Laga Pembuka Piala KASAD Liga Santri 2022

Penyerahan simbolis Piala KASAD 2022 oleh Dandim Bondowoso kepada Danrem 083/Baladhika Jaya/RMOLJatim 
Penyerahan simbolis Piala KASAD 2022 oleh Dandim Bondowoso kepada Danrem 083/Baladhika Jaya/RMOLJatim 

Kompetisi Piala KASAD Liga Santri 2022 sudah memasuki antar Kodim dan di buka langsung oleh Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Yudhi Prasetiyo di Stadion Magenda Bondowoso, Kamis (28/7).


Hadir juga dalam pembukaan Liga Santri tersebut, Dandim 0822 Bondowoso Suhendra Arm, Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko, Danyon 514 Sabadda Yudha, Inf Rinto Wijaya.

Danrem 083/Baladhika Jaya, Kolonel Inf Yudhi Prasetiyo mengatakan bahwa kompetisi tersebut digelar untuk mencari pesepakbola dari santri. Karena santri adalah aset negara yang memiliki kesempatan yang sama seperti sekolah pada umumnya. 

"Diharapkan dapat membangun tim sepakbola yang baik untuk negara dan bangsa," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dijelaskannya, Liga Santri sendiri telah mencapai tingkat Korem Baladhika Dika Jaya yang terbagi menjadi tiga pul. Pul A Malang Raya terdiri dari Pasuruan, Probolinggo, Batu, Kota dan Kabupaten Malang. 

Sedangkan di Pole B, tersebar di Tapal Kuda yakni Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

Dari dua tim tersebut, pemenangnya akan dijadikan tim utusan Korem 083 untuk bermain di tingkat provinsi. "Di sini ada tujuh, di Malang ada enam," sambungnya.

Pasca vakum beberapa tahun akibat pandemi Covid-19, maka sekarang lah waktunya mencari bibit atlet sepakbola dari Liga Santri. Karena menurutnya, tidak sedikit pemain nasional yang berasal dari santri.

"Reward akan diberikan kepada juara dalam rangka pembinaan kepada mereka," pungkasnya.

Adapun, seremonial pembukaan Piala KASAD Liga Santri PSSI Tahun 2022 diawali dengan kirab para atlet dari pendopo kabupaten menuju Stadion Magenda.

Saat memasuki stadion, para pemain disambut oleh kesenian Tari Molong Kopi, Tari Singo Ulung dan Tari Topeng Konah serta pembentangan bendera merah putih 320 meter oleh 300 siswa MAN Bondowoso.

Bahkan, usai pembukaan tersebut langsung digelar pertandingan pembuka antara PP Minhajut Hulab Kabupaten Banyuwangi VS PP Darul Istiqomah Maesan Bondowoso.