Indonesia Kalahkan Filipina di Laga Pembuka Piala AFF U-16, Bima Sakti: Sayang Kami Hanya Bisa Cetak Dua Gol

Tim U-16 Indonesia hanya mampu menang 2-0 atas Filipina dalam laga pertama Grup A Piala AFF U-16 2022/Net
Tim U-16 Indonesia hanya mampu menang 2-0 atas Filipina dalam laga pertama Grup A Piala AFF U-16 2022/Net

Kemenangan yang diraih Tim U-16 Indonesia dalam laga perdana Grupa A Piala AFF U-16, tak cukup memuaskan pelatih Bima Sakti. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu malam (31/7) itu, Indonesia menang 2-0 atas Filipina.


Wajar jika Bima tak puas. Pasalnya, Indonesia mempunyai banyak peluang untuk mencetak gol. Terutama pada babak kedua. Namun, akhirnya hanya 2 gol saja yang mampu disarangkan ke gawang Filipina.

"Peluang-peluang itu seharusnya (bisa) dimanfaatkan, tidak terbuang sia-sia. Sayang kami hanya bisa mencetak dua gol. Namun, yang penting kami menang," ujar Bima Sakti, usai pertandingan, Minggu malam (31/7).

Usai turun minum, Indonesia setidaknya mampu menciptakan dua peluang emas melalui Arkhan Kaka dan Ji Da-bin.

Arkhan gagal memasukkan bola meski tinggal berhadapan dengan gawang yang tanpa penjagaan pada menit ke-56. Berselang 12 menit kemudian, Ji Da-bin gagal memanfaatkan bola liar yang sebelumnya mengenai tiang gawang,

Menurut jurutaktik 46 tahun itu, Arkhan Kaka dan kolega terlihat kurang tenang sehingga kerap gagal memaksimalkan kesempatan.

Toh, Bima memaklumi situasi tersebut karena pertandingan menghadapi Filipina adalah laga internasional perdana bagi semua pemainnya.

"Semua pemain ini baru pertama kali bermain di level internasional. Namun, kami tentu harus mengevaluasi hal ini. Masih ada jeda dua hari sebelum laga kedua," terang mantan kapten Timnas Indonesia di era 1990-an itu.

Timn U-16 Indonesia menundukkan Filipina dengan skor 2-0 pada laga Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu malam (31/7).

Dua gol kemenangan Indonesia berkat gol bunuh diri pemain Filipina Jared Pena dan penyerang Arkhan Kaka Purwanto pada babak pertama. Untuk sementra Indonesia berada di peringkat kedua klasemen Grup A.

Indonesia kalah selisih gol dari Vietnam yang bercokol di peringkat pertama, yang pada hari yang sama menundukkan Singapura 5-1. Filipina bertengger di peringkat ketiga dan Singapura menjadi tim terbawah.