Penutupan KKN 2022, Rektor UWP Surabaya Resmikan Spot Foto Kampoeng Semanggi

Peresmian spot foto kampoeng semanggi/Ist
Peresmian spot foto kampoeng semanggi/Ist

Rektor Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya, Dr. Budi Endarto, SH, M.Hum meresmikan spot foto Kampoeng Semanggi, Kelurahan Sememi Kecamatan Benowo, Minggu malam (31/7). Persemian tersebut sekaligus menandai berakhirnya kegiatan KKN UWP Surabaya tahun 2022


"Semoga dapat menjadi stimuli percepatan mewujudkan kampoeng semanggi sebagai kampung wisata edukasi, pengembangan sentra pasar produk olahan semanggi maupun produk turunannya," kata Budi Endarto dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (1/8).

Rektor UWP Surabaya ini menerangkan, Kampoeng Semanggi yang terletak di RW 03 Kelurahan Sememi Kecamatan Benowo ini merupakan salah satu Kampung Berseri Astra (KBA).

"Pembinaan pengembangannya dilakukan melalui kerjasama PT Astra dengan Universitas Wijaya Putra," terangnya.

Dijelaskan Budi Endarto, progam kerja KKN tahun 2022 di Kampoeng Semanggi tersebut diarahkan untuk mendukung 4 pilar Kampung Berseri Astra (KBA), yaitu kewirausahaan, pendidikan, lingkungan dan kesehatan.

"Untuk mendukung pilar pendidikan, para mahasiswa peserta KKN melakukan kegiatan dan pengembangan program pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak usia sekolah, yang interaktif melalui model belajar sambil bermain," jelasnya.

Tak hanya itu, untuk mempromosikan keberadaan kampoeng semanggi tersebut, pihaknya juga telah meluncurkan website kampoeng semanggi.

"Diharapkan akan semakin memperkuat diseminari informasi tentang keberadaan kampoeng semanggi dan berbagai produk yang dihasilkan," tandasnya.

Diketahui, selain meresmikan spot foto kampoeng semanggi, Rektor UWP Surabaya ini juga menyerahkan secara simbolis karya lainnya dari peserta KKN, yakni website kampoeng semanggi dan bank data kependudukan RW 03 Kelurahan Sememi. 

Dalam penutupan KKN UWP di Kampoeng Semanggi tersebut, siswa SMPN 3 Surabaya ikut menampilkan fragmen dan lagu wisata kampoeng semanggi.

Kehadiran para siswa SMPN 3 Surabaya ini dalam rangka mengerjakan proyek sekolah pembuatan video untuk lomba tingkat Jawa Timur dan Nasional, yang secara kebetulan tema yang diangkat dalam proyek pembuatan video tersebut adalah wisata kampoeng semanggi.