Wamenkes RI Nilai Pelayanan Posyandu Prima di Surabaya Mudahkan Masyarakat

Wali Kota Eri mendampingi Wamenkes RI dr. Dante Saksono Harbuwono/RMOLJatim
Wali Kota Eri mendampingi Wamenkes RI dr. Dante Saksono Harbuwono/RMOLJatim

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mendampingi Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI dr. Dante Saksono Harbuwono meninjau Posyandu Prima di Puskesmas Pembantu Jambangan dan Puskesmas Kebonsari, Kecamatan Jambangan, Senin (1/8)


Dalam kunjungannya kali ini, Wali Kota Eri Cahyadi bersama Wamenkes dr. Dante melihat langsung monitoring uji coba integrasi layanan primer di wilayah Jawa Timur. 

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI, dr. Dante Saksono Harbuwono mengatakan, dalam kunjungannya kali ini ia memastikan pelayanan kesehatan primer di puskesmas maupun puskesmas pembantu di Surabaya, berjalan dengan baik. 

Menurutnya, Posyandu Prima di Surabaya telah memberikan memudahkan bagi masyarakat ketika membutuhkan pelayanan kesehatan. 

"Pak Wali Kota sudah membuat program yang bagus sekali, punya program aplikasi yang diisi secara mandiri oleh masyarakat dan bisa di-bridging (sinkron) dengan program yang ditetapkan oleh kementerian kesehatan, sehingga datanya bisa sinkron," kata Wamenkes RI dr. Dante dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dante menilai, dalam menggerakkan Posyandu Prima,  Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah sangat baik karena melibatkan para Kader Surabaya Hebat (KSH) di bidang kesehatan. 

Agar lebih maksimal lagi, ia berharap Pemkot Surabaya bisa menambah layanan di Posyandu Prima. 

"Jadi nanti tidak hanya terbatas pemeriksaan untuk anak - anak saja, tapi sampai dengan lansia itu sudah ada di posyandu. Terima kasih Pak Wali Kota (Eri Cahyadi) sudah melaksanakan kegiatan yang kepemilikannya menjadi kepemilikan masyarakat," ujar Dante. 

Sementra itu, Wali Kota Eri Cahyadi menyampaikan banyak terima kasih atas apresiasi dari Kementerian Kesehatan terhadap pelayanan posyandu prima di Kota Surabaya. 

Dalam kesempatan ini, ia juga mendapat pengarahan langsung dari Wamenkes Dante, agar pemkot menyempurnakan lagi dalam hal proses pendataan kesehatan masyarakat. 

“Matur nuwun Pak Wamen, tadi ada sudah saya sampaikan ke beliau kalau pemkot sudah melibatkan Kader Surabaya Hebat dalam hal kesehatan. Alhamdulillah Pak Wamen juga memberikan kami arahan agar disempurnakan kembali soal data agar kebijakan pemerintah pusat bisa tepat sasaran,” pungkas Wali Kota Eri Cahyadi.