Kunjungi Wisata Tirta Agung Bondowoso, Menparekraf Dorong Wisata Berbasis Ekonomi

Sandiaga Uno saat kunjungi wisata Tirta Agung/RMOLJatim 
Sandiaga Uno saat kunjungi wisata Tirta Agung/RMOLJatim 

Objek wisata Tirta Agung, di Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sumber Wringin, Bondowoso, dikunjungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, Minggu (7/8).


Menparekraf datang untuk penilaian 10 besar objek wisata Tirta Agung, dalam gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, yang sebelumnya telah masuk dalam 50 besar desa wisata tingkat nasional. 

Tampak warga sekitar serta pengunjung menyambut meriah kedatangan Sandiaga Uno tersebut.

Dimulai dari sepanjang kanan-kiri jalan menuju objek wisata, pelajar dari tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA melambaikan bendera merah putih. 

Sementara Menteri Sandiaga menaiki bendi hias atau kereta kuda untuk wisata dari Pesanggrahan Sumber Wringin.

Tiba di wisata Tirta Agung, tepat di pintu masuk Mas Menteri Sandiaga dipasangi Odeng khas Sukosari Kidul. Kemudian, tarian tradisional asli desa tersebut yakni Jaran Kecak, dan seni bela diri pencak silat juga turut menyambut di pintu masuk. 

Sandiaga mengatakan, melalui ADWI ini pihaknya mendorong konsep wisata yang bisa menggerakkan ekonomi, dan membuka peluang usaha, dan lapangan kerja.

“Ini tidak boleh berhenti di sini,” ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Sementara jajaran Forkopimda yang dipimpin oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, berjejer rapi menyambut kedatangan Mas Menteri Sandi. 

Menariknya sebelum memulai persentasi, Mas Menteri Sandiaga dengan Kepala Desa Sukosari Kidul saling berbalas pantun. 

Bahkan, Mas Menteri Sandiaga dalam salah satu pantunnya mendoakan Desa Tirta Agung menjadi juara dalam ADWI. 

"Sore-sore sama Pak Wabup makan singkong, paling enak dengerin lagu-lagu jadul. Ayo semua kita bergotong royong, keliatannya pemenangnya ini Sukosari Kidul," tuturnya saat ramah tamah dengan Forkopimda Bondowoso. 

Sementara itu, Kepala Desa Sukosari Kidul, Tolak Abdul Azis, dalam pantunnya mengharapkan dukungan dari Menparekraf untuk kemajuan objek Wisata Tirta Agung. 

"Ke Saudi beli sepatu, ke Kalimantan lewat Juanda. Siapa lagi yang bantu Desa Tirta Agung, kalau bukan Mas Sandiaga," harapnya. 

Usai berbalas pantun, dilanjutkan dengan presentasi keunggulan Tirta Agung yang disampaikan oleh Ketua Pokdarwis.