Kirab hingga Teatrikal Perjuangan Mayjen Prof Dr Moestopo Ramaikan HUT Veteran

Keluarga Almarhum Mayor Jendral (Purn) Prof DR Moestopo saksikan sosiodrama/RMOLJatim
Keluarga Almarhum Mayor Jendral (Purn) Prof DR Moestopo saksikan sosiodrama/RMOLJatim

Memperingati HUT ke-8 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) atau veteran nasional, digelar berbagai event kirab hingga teatrikal perjuangan almarhum Mayjen (Purn) Prof Dr Moestopo yang diselenggarakan di area simpang lima gumul Kabupaten Kediri, Rabu (24/8).


Acara bertema “membangun indonesia yang maju dan sejahtera didasari oleh jiwa, semangat dan nilai-nilai juang 45” itu merupakan perdana yang didukung Kodim 0809 Kediri dan Pemerintah Kabupaten dan Kota Kediri.

HUT Veteran Nasional ini ditandai dengan pemecahan kelapa yang dilakukan Dandim 0809 Kediri, Letkol Inf Ruly Eko Suryawan.

Akhir acara dilakukan pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa dan Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, dan diserahkan kepada ketua LVRI Kabupaten dan Kota Kediri, Sumilan dan Lasijo.

Ketua Yayasan Profesor DR Moestopo, Hartono Laras, mengatakan, bahwa Yayasan dan Universitas serta keluarga Almarhum Mayor Jendral (Purn) Prof DR Moestopo juga hadir dalam memperingati HUT Veteran Nasional bekerjasama Bidang Pengembangan. 

"Dalam kegiatan ini, kami keluarga besar Yayasan Profesor DR Moestopo menyambut baik dan apresiasi setingngi-tinginya atas inisiasi dan prakarsa atas pelaksanaan HUT Veteran Nasional yang diinisasi dari Legiun Veteran Republik Indonesia Kediri (LVRI) Kediri Raya," kata Hartono dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Hartono Laras mengatakan dengan terwujudnya kegiatan ini juga dibantu dan didukung oleh Dandim 0809/Kediri, Pemkab Kediri dan Pemkot Kediri. 

Dia berharap acara ini dapat melestarikan nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang sudah mendahului.

"Kami juga menyaksikan sosiodrama yang luar biasa yang betul-betul alami dan penuh semangat mengambarkan perjuangan Alamarhum Mayjen Purn Prof DR Moestopo sebagai pejuang kemerdekaan pejuang di bidang kesehatan dan pejuang pendidikan," tuturnya.

Hartono mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah upaya menghormati jasa para pahlawan juga untuk mengenalkan dan menanamkan serta melestarikan nilai-nilai pahlawan perjuangan. 

"Kita sebagai generasi muda untuk meneladani dan menjadi sumber motivasi kita dalam mengisi kemerdekaan," ungkapnya. 

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Pengurus Yayasan Profesor DR Moestopo Hartono Laras, Dekan, Rektor, Warek III dan cucu almarhum Wildan beserta istri.


ikuti update rmoljatim di google news