Walikota Mojokerto: ASN Harus Berinovasi dan Terukur

Para peserta pelatihan kepemimpinan administrator  /ist
Para peserta pelatihan kepemimpinan administrator  /ist

Sebanyak 32 peserta dari eselon III mengikuti diklat atau pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) angkatan XX bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang digelar selama tiga bulan, dua hari, di Gedung Diklat Pemerintah Kota Mojokerto. 


"Alhamdulillah dihari ke-12 ini saya bisa bertatap muka secara langsung dengan bapak/ibu semuanya dalam kesempatan PKA di tahun 2022 ini," ujar Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu, (24/8).

Sosok yang akrab disapa Ning Ita ini menekankan agar ASN di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto terus berinovasi dan melakukan pola kaderisasi yang jelas dan terukur. 

"Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pola kaderisasi merupakan sesuatu yang penting dalam mewujudkan keberlangsungan organisasi termasuk dalam lingkup organisasi pemerintahan. Inilah yang saya tekankan sejak awal," tegasnya.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemkot Mojokerto dalam meningkatkan kapasitas SDM dalam lingkup organisasi pemerintahan mulai dari perumusan regulasi, penyediaan anggaran yang memadai, hingga penyelenggaraan diklat yang menunjang pola kaderisasi dan peningkatan SDM.

Perubahan dan tuntutan zaman yang berubah-ubah dari waktu ke waktu menjadi aspek utama yang menyebabkan pentingnya keberadaan manajemen perubahan dalam organisasi pemerintahan terhadap pelayanan publik.

 "Kembali saya tekankan, sesungguhnya ruh dari manajemen perubahan adalah inovasi," ujarnya. Upaya yang telah dilakukan Pemkot Mojokerto untuk meningkatkan kapasitas SDM dan pola kaderisasi, keberlanjutan dari capaian Pemkot Mojokerto yang sudah diperoleh dapat terus ditingkatkan.

"Sehingga kita akan meninggalkan kebaikan yang terus mengalir dari generasi ke generasi kalau ini sudah menjadi budaya"ujarnya. Turut mendampingi Ning Ita Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mojokerto Muhammad Imron, dan Sekretaris BKPSDM Yusuf Setiawan.