Tingkatkan Pelayanan Adminduk di Kelurahan dan Kecamatan, Pemkot Surabaya Gandeng 464 Mahasiswa MBKM-A

Eri Cahyadi/RMOLJatim
Eri Cahyadi/RMOLJatim

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memberikan kesempatan kepada 464 mahasiswa dari 41 universitas di seluruh Indonesia untuk magang di lingkup Kecamatan, Kelurahan serta di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).


Penerimaan ratusan mahasiswa itu terima dan lepas secara langsung oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi di halaman Taman Surya, Kamis (1/9).

Ratusan mahasiswa itu mengikuti program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) serta Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Administrasi Kependudukan (MBKM-A). 

Tujuannya adalah untuk membantu proses pengurusan dan pendataan administrasi kependudukan (Adminduk) di tingkat kelurahan dan kecamatan, di Kota Surabaya. 

Dalam keterangan resmi yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Wali Kota Eri Cahyadi berharap, kehadiran para mahasiswa di tingkat kecamatan dan kelurahan, dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan Pemkot Surabaya. 

"Saya berharap adik - adik bukan hanya melakukan secara administrasi saja, tetapi bisa juga melihat menyempurnakan dan menambahkan pelayanan adminduk agar lebih baik," kata Wali Kota Eri Cahyadi. 

Wali Kota Eri Cahyadi ingin, para mahasiswa yang ikut dalam program MSIB dan MBKM-A pada tahun ini bisa memberikan masukan kepada Dispendukcapil agar pelayanan permohonan pembuatan KTP, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran dan adminduk lainnya, bisa tuntas tepat waktu. 

Menurut Eri Cahyadi, hingga saat ini masih ada keluhan dan temuan di lapangan soal kesulitan mengurus KTP. 

"Nah itu, adik - adik mahasiswa bisa mengkritisi itu, apa sih yang membuat alur yang ada di Dispendukcapil, kecamatan, kelurahan itu kok tidak ada perubahan, lambat dan masih ada kendala," ujar Wali Kota Eri saat apel pelepasan mahasiswa. 

Bukan berarti pelayanan adminduk di tingkat Dispendukcapil, kecamatan, kelurahan selama ini buruk. 

Wali Kota Eri Cahyadi menyebutkan, pelayanan adminduk di Surabaya sudah bagus, akan tetapi yang ingin ia tekankan adalah soal kepastian kepada masyarakat. 

Misal dalam pembuatan KTP, sambung Wali Kota Eri, warga yang bersangkutan mengurus itu bisa mengetahui, kapan jadinya dan berapa lama prosesnya. 

Begitu pula dengan pembuatan KK dan akta kelahiran dan sebagainya. 

"Kalau bisa ngurus KK itu dua hari, tapi kemarin saya koordinasi dengan Kepala Dispendukcapil, kalau bisa mengurus KK itu sekali datang, ngurus ditunggu sebentar langsung jadi," harapnya. 

Dengan kehadiran para mahasiswa ini, Wali Kota Eri Cahyadi turut mengucapkan terima kasih karena secara tidak langsung dapat meringankan beban petugas kecamatan dan kelurahan ketika melayani warga.  

Sementra itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji mengatakan, ratusan mahasiswa ini bagian dari penguatan pelayanan adminduk di Kota Surabaya dalam lima bulan ke depan, mulai September - Desember 2022. 

"Jadi pelayanan adminduk ini bisa tuntas lebih cepat, cukup datang di kecamatan dan kelurahan," kata Agus. 

Agus menjelaskan, sebelum para mahasiswa turun ke kecamatan dan kelurahan telah diberi bimbingan agar bisa melayani dengan baik. 

Bimbingannya mulai dari tata cara berkomunikasi dengan warga, cara melayani yang baik dan diberitahu alur pengurusan adminduk di Kota Surabaya. 

"Nanti ada penilaian juga, bagaimana mereka memberikan pelayanan dan cara menyampaikannya kepada warga. Sebelumnya juga sudah disepakati bersama dengan masing - masing universitas," pungkasnya.