HUT ke-77 TNI AL Diramaikan Lomba Perahu Layar dan Bersih-bersih Sampah di Laut

Lomba perahu layar di HUT ke-77 TNI AL di Banyuwangi/ist
Lomba perahu layar di HUT ke-77 TNI AL di Banyuwangi/ist

Perayaan HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut di Banyuwangi diramaikan dengan lomba perahu layar dan bersih-bersih sampah di laut. 


Jumlah peserta dalam perlombaan tersebut sebanyak 77 peserta, sebagai penanda usia TNI AL.

Komandan Pangkalan TNI AL Banyuwangi, Letkol Laut (P) Ansori mengatakan, sesuai arahan dari Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), untuk memperingati HUT ke-77 TNI AL agar melaksanakan kegiatan pembersihan laut di 77 titik. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan lomba perahu layar dan pembagian sembako kepada masyarakat pesisir.

“Sesuai arahan Bapak Menko Marves kegiatan bersih-bersih laut tidak dilakukan kali ini saja, seharusnya dilakukan setiap hari,” ungkap Ansori dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (07/09).

“Karena sampah menjadi problem utama bagi masyarakat,” tegasnya.

Perayaan HUT ke-77 TNI AL ini, berbeda dengan sebelumnya yang memamerkan peragaan persenjataan dan kekuatan pasukan angkatan laut. Menurutnya, alutsista adalah bagian tak terpisahkan dari TNI AL.

Dalam kegiatan pembagian sembako di acara tersebut, dipimpin Wabup Banyuwangi, Sugirah didampingi Forkopimda setempat di atas KAL Rajegwesi dan di dermaga kepada masyarakat pesisir.

Kemudian akan dilanjutkan dengan lomba perahu layar yang dibatasi hanya 77 peserta. Ada yang dari Banyuwangi, Gilimanuk, Situbondo, Probolinggo, Jember,” paparnya.

“Di HUT ke 77 ini, kita sudah harus semakin dewasa semakin mantab, sesuai arahan Bapak Menko Marves tadi, karena luas wilayah kita 2/3 adalah laut. Makanya kekuatan kita harus kita fokuskan di laut dan kita kembali sesuai arahan presiden Jokowi, bahwa kita harus menapaki lautan jangan membelakangi lautan,” jelasnya.

Para peserta lomba perahu layar akan mengarungi perairan Selat Bali sekitar 8 kilometer. Mereka akan beradu tangkas menaklukkan ombak Selat Bali dan berebut menjadi pemenang.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat memupuk rasa persaudaraan antara TNI-Polri dan masyarakat. TNI juga turut serta menjaga lingkungan, menjaga situasi dan kondisi sehingga nanti akan menjadi harapan masyarakat ini adalah tugas pokok TNI-Polri,” kata Kapolresta Banyuwangi, Kombes Deddy Foury Millewa.

Sementara itu, Wabup Sugirah mengatakan, Pemda Banyuwangi menyampaikan apresiasi kepada TNI AL yang menyelenggarakan lomba hingga kegiatan pembersihan laut di HUT ke-77 ini. 

"Kegiatan lomba perahu layar ini juga dapat menjadi daya tarik wisata juga. Baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri," pungkas Sugirah.