Festival Gandrung Rajungan, Ajang Potensi Lamongan

Bupati Lamongan Yuhronur  Efendi saat menghadiri Festival Gandrung Rajungan di Paciran Lamongan/ RMOLJatim
Bupati Lamongan Yuhronur  Efendi saat menghadiri Festival Gandrung Rajungan di Paciran Lamongan/ RMOLJatim

Lamongan merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alamnya, mulai dari potensi maritim hingga potensi agrarisnya. 


Terletak di kawasan pantura, Kecamatan Paciran menjadi wilayah penghasil sari laut di Lamongan, potensi yang dimiliki Paciran tersebut diolah dengan baik melalui produksi UMKM pangan dan sandang serta pengelolaan Bumdes setempat.

Paciran memaksimalkan potensinya dengan melakukan promosi melalui festival-festival, salah satunya festival gandrung rajungan yang digelar, di halaman Wisata Bahari Lamongan. 

Dengan adanya festival gandrung rajungan, Paciran dapat memperkenalkan hasil laut prioritasnya seperti rajungan sekaligus guna membantu nelayan setempat untuk menaikkan harga jual rajungan yang saat ini menempati harga 15 ribu per kilonya.

"Terimakasih Bumdes yang telah menyelenggarakan event cemerlang ini. Dengan ini kita bisa membantu nelayan menaikkan harga rajungan dan memberitahu masyaakat luas bahwa rajungan itu milik Paciran Lamongan," tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam sambutan serta berkesempatan membuka festival pagi ini dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu ( 14/9)

Gempita festival gandrung rajungan yang dihadiri wisatawan luar kota ini merupakan salah satu strategi Bumdes se Kecamatan Paciran dalam rangka unjuk potensi daerahnya. 

Kerena tidak hanya memamerkan rajungan, melainkan memamerkan 32 UMKM olahan Bumdes setempat.

Menurut Kasi Pengembangan Usaha Ekonomi Desa Dinas Pemberdaya Masyarakat Desa  Lamongan Bobby Pudiantom, seluruh Bumdes di Kecamatan Paciran aktif dalam melakukan manajemen perekonomian desa.

"Bumdes di Paciran aktif sekali dalam memanajemen daerahnya itu terbukti dengan kondisi daerah disana yang mayoritas menjadi desa mandiri. Paciran juga aktif mengikuti studi banding  yang kita adakan setiap bulannya," ungkapnya.

Potensi Kecamatan Paciran menjadi faktor terpilihnya Kecamatan Paciran sebagai kecamatan dengan jumlah desa mandiri terbanyak di Kabupaten Lamongan yakni 14 desa pada tahun 2021.

Dengan artian Kecamatan Paciran telah mampu menggairahkan kembali kehidupan perekonomian desa melalui program yang secara taktis dan strategis dapat dikembangkan dengan basis potensi dan sumberdaya desa.

Pemkab Lamongan memberikan dukungan penuh atas komitmen yang dibuat Kecamatan Paciran untuk mensejahterakan daerahnya. Dibuktikan dengan disusulnya festival sego muduk dan karnaval batik khas Paciran pada kesempatan yang akan datang.