Wabup Timbul Prihanjoko, Serahkan PKH dan BLT BBM

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyerahkan secara simbolis bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Plus dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM di Kantor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo.


Hadir dalam acara tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Probolinggo Achmad Arif, Pimpinan Bank Jatim Cabang Kraksaan Ridholi Ichwan, Kepala PT. Pos Indonesia Cabang Probolinggo Sandi Yuda Nugraha dan Forkopimka Paiton.

Program PKH Plus merupakan pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga atau warga miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan menjadi KPM PKH dengan komponen lanjut usia (lansia).

Tujuan pelaksanaan PKH Plus antara lain meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan penerima manfaat melalui pemanfaatan bantuan sosial berupa uang senilai Rp 2.000.000 per tahun yang disalurkan secara non tunai setiap 3 bulan sekali.

Kepala Dinsos Kabupaten Probolinggo Achmad Arif menyampaikan bahwa program PKH Plus atau Program Jaminan Sosial Lanjut Usia (Jaslut) di Kabupaten Probolinggo sebanyak 3.222 KPM lansia yang tersebar di 24 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo dan hari ini penyaluran tahap ketiga dan setiap tahap itu bantuannya diberikan sebesar Rp 500.000 per KPM.

“Khusus untuk Kecamatan Paiton, jumlah yang mendapatkan PKH Plus sebanyak 101 KPM. Harapannya ke depan lebih banyak lagi KPM yang mendapatkan bantuan Jaslut PKH Plus ini sehingga aspek kesehatan dan kesejahteraan hidupnya dapat terjamin oleh pemerintah,” ujarnya, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (15/9).

Selain bantuan PKH Plus, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo juga telah menyalurkan BLT BBM dalam rangka penanganan dampak inflasi akibat kenaikan BBM bagi sekitar 137.934 KPM PKH dan BPNT yang telah disalurkan sejak tanggal 8 September 2022 oleh PT Pos Indonesia.

“Pada penyaluran BLT BBM disalurkan untuk dua bulan yaitu bulan September dan Oktober sejumlah Rp 300.000 serta bantuan sembako sejumlah Rp. 200.000. Jadi KPM menerima Rp 500.000 dan BLT BBM diberikan kepada 5.566 KPM di Kecamatan Paiton,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan peranan pendamping dalam melaksanakan fungsi pengawasan dan monitoring terhadap jalannya penyaluran bantuan sosial baik program BLT BBM maupun Jaslut PKH plus ini sangat penting.

”Tidak menutup kemungkinan adanya pengaduan masyarakat karena merasa tidak mendapat undangan untuk penyaluran tersebut. Disini pendamping sosial harus dapat memberikan solusi agar tidak terjadi ketidakpuasan dan gaduh pada masyarakat,” katanya.

Wabup Timbul mengharap peran pendamping dalam melakukan pelayanan kepada KPM sangat diperlukan, terutama kepada KPM lansia.

”Sistem jemput bola harus dilakukan oleh pendamping dan juga Bank Jatim Cabang Kraksaan sebagai penyalur agar dapat langsung mendatangi kediaman KPM lansia yang tidak mampu meninggalkan rumah karena faktor usia,” pintanya.

Lebih lanjut Wabup Timbul berharap agar bantuan ini digunakan dengan sebaik-baiknya. 

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi sesama serta dapat menambah kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat,” harapnya.