UWP Kirim 9 Mahasiswa ke Perguruan Tinggi di Penjuru Nusantara

Momen Acara Penyambutan Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022 UWP/RMOLJatim
Momen Acara Penyambutan Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022 UWP/RMOLJatim

Sejak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di bawah pimpinan Menteri Nadiem Makarim pada awal Tahun 2020, Universitas Wijaya Putra (UWP) sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia telah berkomitmen untuk menyukseskan program tersebut.


Dengan konsistensi mengikuti 3 kegiatan MBKM yakni Magang dan Studi Independen Bersertifikat, Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar, Tahun 2022 ini UWP berhasil mengirimkan 9 mahasiswanya ke berbagai Perguruan Tinggi di penjuru Nusantara. 

Selain mengirim 9 mahasiswanya, UWP juga menerima 18 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di penjuru Nusantara, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTT, hingga Papua.

"Untuk pelaksanaan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat, UWP berhasil mengirimkan sejumlah mahasiswa ke berbagai Pemerintah Daerah, Lembaga Negara, hingga BUMN," kata Koordinator MBKM UWP, Dwiyana Anela Kurniasari SP., M.Si saat menyampaikan Laporan Kegiatan MBKM pada Acara Penyambutan Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022 di Gedung A Universitas Wijaya Putra, Surabaya, Sabtu malam (24/9).

"Sedangkan program Kampus Mengajar, UWP berhasil mengirimkan mahasiswanya di salah satu SMP Swasta di Kabupaten Gresik," sambungnya.

Sementara itu, Rektor UWP, Dr. Budi Endarto, SH., M.Hum mengapresiasi kegiatan MBKM yang telah terselenggara di Universitas Wijaya Putra. Menurutnya, sejak Program MBKM diluncurkan oleh Kemendikbud, dari 4500 Perguruan Tinggi di Indonesia, tercatat hanya 138 yang dinyatakan lolos sebagai Perguruan Tinggi Penerima Mahasiswa Inbound Tahun 2022. 

"Hal ini menunjukkan kerja keras serta komitmen nyata UWP terhadap penyelenggaraan MBKM pada pendidikan tinggi di Indonesia," katanya saat memberikan sambutan.

Budi menyampaikan akan tetap berkomitmen untuk terus mendukung setiap program yang mendukung perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia. 

"Program MBKM ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran di luar program studi dan di luar kampus untuk bekal mahasiswa ketika memasuki dunia kerja," tandasnya.

Dari pantauan Kantor Berita RMOLJatim, salah satu momen yang mengharukan saat acara Penyambutan Mahasiswa Inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2022 adalah ketika mahasiswa yang mendapatkan kesempatan belajar di UWP menyapa keluarga beserta dosen di kampus asal mahasiswa tersebut melalui sambungan Zoom. 

Selain menyampaikan ungkapan kerinduan, mereka juga menyampaikan bahwa mereka mendapatkan berbagai fasilitas selama tinggal dan menempuh pembelajaran di Universitas Wijaya Putra. 

Perwakilan orang tua beserta perwakilan dari Perguruan Tinggi asal juga menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan dan fasilitas yang diberikan oleh Universitas Wijaya Putra kepada mahasiswa inbound di UWP.