Cak Imin Dan Puan "Mesra" Di Warung Pecel, PKB Jatim: Yang Lebih Konkrit Dengan Prabowo

Fauzan Fuadi
Fauzan Fuadi

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Muhaimin Iskandar nyekar di pusara Taufiq Kiemas, Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9).


Setelah berziarah, keduanya kompak makan pecel bareng yang berada di seberang TMP Kalibata.

Menanggapi hal itu, Bendahara DPW PKB Jawa Timur Fauzan Fuadi menilai pertemuan itu biasa saja dan wajar. Meski demikian, dia menuturkan, komunikasi PKB dengan Gerindra dan Prabowo Subianto sudah berjalan lebih konkrit karena sudah ada kesepakatan tertulis.

"Perkara koalisinya dengan partai politik apa masih dinamis. Tetapi yang sudah mengerucut dan konkrit bukan cikal bakal dengan Gerindra dengan Pak Prabowo," katanya pada Senin (26/9).

Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim itu menilai, Pemilu 2024 masih jauh. Masih banyak waktu bagi parpol untuk berkomunikasi dan merancang koalisi guna bertarung di tahun 2024. Meski demikian, dia meyakini PKB dan Gerindra tidak akan mengingkari kesepakatan yang sudah dibuat.

"Tidak dipastikan sekarang karena masih jauh. Menjalin komunikasi dengan seluruh ketum parpol bagaian dari ikhtiar bersama. Dokumentasi dokumen itu tiba-tiba diingkari begitu saja," tegasnya.

Dia menambahkan, menjelaskan, pihaknya terus berikhtiar memperkuat mesin politik PKB. “Kami terus beriktiar memanaskan mesin politik,” tegas Fauzan Fuadi.

Fauzan menyampaikan, mendukung upaya ketua umum Muhaimin Iskandar untuk melakukan komunikasi dengan semua ketua umum partai politik. 

Terkait koalisi PKD dengan Partai Gerindra, dikatakan Fauzan Fuadi, kerja sama kedua parpol di Jawa Timur bakal dilanjutkan dengan kerja politik. Saat ini, masing-masing mesin politik berproses memenangkan Pilpres 2024.

Terkait koalisi PKB-Gerindra, belum menentukan paslon capres-cawapresnya. Di satu sisi kedua parpol masih mencalonkan ketua umumnya masing-masing untuk maju sebagai kontestan Pilpres 2024.

PKB mendorong Muhaimin Iskandar sebagai kandidat capres. Sedangkan Prabowo Subianto juga mendeklarasikan diri sebagai capres Partai Gerindra dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas).

Koalisi PKB-Gerindra  telah mencukupi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold (PT) yakni meraih 20 persen kursi parlemen atau 25 persen dari suara sah nasional.

Hasil Pemilu 2019 menunjukan Partai Gerindra meraih 78 kursi DPR RI, sedangkan PKB mendapat 58 kursi. Jika dikonversikan 20 persen kursi di parlemen adalah 115 kursi.

Maka jumlah kursi Parlemen yang dimiliki PKB dan Gerindra adalah 136 kursi. Hasil itu menunjukan koalisi ini sudah bisa mencalonkan sendiri capres dan cawapresnya tanpa harus bekerja sama dengan parpol lain di Senayan.