Setelah Sayembara, Pemkot Gelar Pameran Desain Wisata Ampel di Alun-alun Surabaya

Eri Cahyadi/RMOLJatim
Eri Cahyadi/RMOLJatim

Sayembara Desain Arsitektur Kawasan Wisata Religi Ampel memang sudah digelar dan sudah menghasilkan tiga pemenang.


Bahkan, tiga pemenang itu sudah diberikan penghargaan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya pada Selasa (23/8) lalu.

Setelah menggelar sayembara,  Pemkot Surabaya melanjutkan dengan mempublikasikan hasil karya itu melalui Pameran Sayembara Ampel yang akan digelar di Koridor Gedung Merah Putih, Balai Pemuda Surabaya atau di kawasan Alun-alun Surabaya pada 29 September hingga 2 Oktober 2022.

Pameran Sayembara Ampel itu akan mempublikasikan 17 besar hasil karya para peserta Sayembara Desain Arsitektur Kawasan Wisata Religi Ampel.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan, salah satu tujuan dari sayembara desain Wisata Ampel adalah melibatkan masyarakat dalam pembangunan Kota Pahlawan. Khususnya, pengembangan Kawasan Religi Wisata Ampel. 

"Karena saya ingin membangun Kota Surabaya dengan pemikiran bukan hanya dari pemkot. Karena kita punya banyak partner dan talenta-talenta muda yang luar biasa dan itu memiliki kreasi yang sangat tinggi," kata Wali Kota Eri dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (28/9).

Menurutnya, dengan cara pemkot membuka diri melalui pelibatan masyarakat, maka hal itu justru akan lebih mengangkat potensi-potensi yang ada. 

Karena baginya, kesempurnaan itu akan terjadi ketika pemerintah bersama seluruh elemen dapat saling berkolaborasi. 

"Jadi, dengan kolaborasi ini kita bisa menyempurnakan. Nah, disinilah peran serta masyarakat, peran serta milenial dalam perencanaan. Sehingga semua orang nantinya merasa saling memiliki. Itu yang saya harapkan ke depannya," pungkasnya.