DPRD Tuban Desak Pemkab Segera Carikan Solusi Jeritan Petani Kesulitan Pupuk Bersubsidi

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban mendesak Pemkab setempat untuk segera mencari solusi untuk menyikapi kesulitan para petani mendapatkan pupuk bersubsidi. Terlebih, saat ini petani tengah memasuki musim tanam yang sangat membutuhkan pupuk.


“Harus segera dicarikan solusi terkait keluhan petani, karena saat ini mereka sangat butuh pupuk di musim tanam,” kata Anggota DPRD Tuban dari Partai Hanura M Musa, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (29/9).

Musa mengaku selama ini kerap mendapatkan keluhan dari para petani mengenai kesulitan mendapatkan pupuk subsidi di musim cocok tanam seperti ini.

Dia mendesak pemkab atau dinas terkait untuk segera turun lapangan agar masalah petani segera terselesaikan, yakni petani dengan mudah mendapatkan pupuk subsidi.

“Kesulitan petani wajib dicarikan solusi secara cepat. Jangan sampai berlarut-larut yang mengakibatkan kerugian buat petani Tuban. Termasuk, pemkab juga segera memastikan alokasi pupuk aman,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, para petani di Tuban mulai menjerit karena tengah kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi di pasaran. Kelangkaan pupuk itu telah dialami petani sejak dua pekan lalu

Kelangkaan pupuk ini membuat petani Tuban harus mengeluarkan ongkos lebih besar di saat musim tanam ini. Sebab, meraka terpaksa membeli pupuk non subsidi dengan harga lebih tinggi demi tanamannya agar tidak mati.