Aksi Pamer Alat Kelamin Marak Terjadi di Kawasan Kampus Unej

Tim penanggulangan ekhibisionisme saat rakor di Mapolres Jember/Ist
Tim penanggulangan ekhibisionisme saat rakor di Mapolres Jember/Ist

Teror pelecehan seksual kembali terjadi di jalan raya kawasan kampus Universitas Jember (Unej) Kelurahan Sumber Sari, Kecamatan Sumber Sari Kabupaten Jember. 


Dalam empat hari terakhir telah terjadi 4 kali perilaku ekhibisionisme yang diduga dilakukan pria pengendara sepeda motor misterius.

Diketahui, ekhibisionisme adalah penyimpangan seksual (sexual deviation) yang ditandai dengan adanya perilaku memperlihatkan alat kelamin seseorang pada orang asing.

Menurut Humas Pusat Studi Gender (PSG), Didik Suharijadi, peristiwa itu, terjadi di 4 titik di jalan Kalimantan, jalan Jawa dan jalan Kaliurang Kelurahan Sumbersari. Aksi tersebut sangat meresahkan warga sekitar kampus universitas Jember. 

"Kami mendapatkan informasi berdasarkan keluhan atau pengaduan masyarakat, yang berada di sekitar jalan tersebut. Karena itu pihaknya segera berkoodinasi dengan Polres Jember," ucap didik dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (30/9).

Dijelaskan didik,  Polres Jember langsung merespon dengan membentuk Tim Penanggulangan Ekhibisionisme. 

Didik juga meminta semua pihak mewaspadai peristiwa itu, supaya tidak terjadi lagi dikemudian hari. Dia berharap bisa bersinergi dengan Polres Jember karena kejadiannya terjadi di jalan raya sekitar kampus Unej.

"Mungkin bisa bersama-sama lah, menggalakkan patroli di dalam maupun di dalam lingkungan Unej," katanya.

Sementara itu Kanit PPA Polres Jember, Iptu Diyah Vitasari, saat dikonfirmasi menyatakan langsung bergerak semenjak adanya keluhan masyarakat dengan adanya ekshibisionisme yang terjadi disekitar wilayah kampus Unej. Pihaknya masih menyelidiki dan koordinasi dengan pihak PSG Universitas Jember.

"Sebab, kejadian tersebut berada di wilayah sekitar Unej. Selain itu mayoritas, warga sekitar wilayah kampus adalah mahasiswa dan mahasiswi," katanya.