Polres Kediri Kota Mulai Gelar Operasi Zebra Semeru 2022

Wakapolresta Kota Kompol Himawan Setiawan sematkan pin operasi zebra semeru 2022/RMOLJatim
Wakapolresta Kota Kompol Himawan Setiawan sematkan pin operasi zebra semeru 2022/RMOLJatim

Polres Kediri Kota menggelar apel gelar pasukan operasi zebra Semeru 2022 dalam rangka tertib berlalu lintas guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas yang presisi.


Apel gelar pasukan diikuti sebanyak 350 personil gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perjuangan Kota Kediri. Operasi zebra digelar mulai Senin (3/10) hari ini hingga 16 Oktober 2022. 

Wakapolres Kediri Kota Kompol Himawan Setiawan mengatakan, operasi zebra digelar untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Dimana, selepas pandemi ini gaya berkendara masyarakat lebih banyak perubahan, seperti melanggar tata tertib lalu lintas, karena sudah lama tidak dilakukan penindakan.

"Memang selepas pandemi ini, gaya berkendara masyarakat berubah karena lama tidak ada penindakan. Hal ini, membuat banyak pelanggaran lalu lintas di wilayah Kota Kediri," kata Himawan, dikutip Kantor Berita RMOL Jatim, Senin (3/10).

Himawan menambahkan, harapannya dengan adanya penertiban lalu lintas melalui operasi zebra ini, dapat mengembalikan gaya berkendara masyarakat tertib dalam berlalu lintas.

Berdasarkan data dari Korlantas Polda Jawa Timur, adanya peningkatan penggunaan kendaraan dan perubahan gaya hidup dan peningkatan perilaku beresiko di jalan raya sekitar 1,25 juta kematian akibat kecelakaan lalu lintas terjadi setiap tahun dan sekitar 20 sampai 50 juta orang mengalami cedera.