Program Banyuwangi Menyala Terganjal Moratorium Penerangan Jalan Bupati Ipuk

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono mengingatkan Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas untuk mencabut moratorium Lampu Penerangan Jalan Umum/ist
Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono mengingatkan Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas untuk mencabut moratorium Lampu Penerangan Jalan Umum/ist

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono mengingatkan Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas untuk mencabut moratorium Penerangan Jalan Umum atau PJU. Agar sejalan dengan visi-misi bupati yakni “Kesinambungan” dari pemerintahan sebelumnya yang membuat program ‘Banyuwangi Menyala'.  


Ruli sapaannya mengatakan, eksekutif harus mengkaji ulang kebijakan moratorium penerangan jalan. Sebab, hal itu dinilai merugikan masyarakat yang selama ini telah membayar pajak PJU ketika membayar rekening listrik, sebesar 9 persen.

“Moratorium LPJU itu harus dicabut, hal itu merupakan kesalahan mendasar yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Karena selama ini masyarakat telah membayar pajak LPJU,” ujarnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (5/10).

Jika moratorium atau penangguhan PJU ini terus dilanjutkan, akan banyak warga masyarakat khususnya di pedesaan tidak dapat menikmati lampu penerangan jalan umum. Sementara, masyarakat tetap diwajibkan untuk membayar pajak PJU.

Seperti diketahui, pemerintahan sebelumnya membuat program “Banyuwangi Menyala” yang digadang-gadang agar dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat, baik di perkotaan maupun di pelosok desa tak kunjung terealisasi.

Sedangkan, visi-misi Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Wabup Sugirah dengan tagline ‘Kesinambungan’ patut disangsikan.

“Kalau program Banyuwangi Menyala tidak dilanjutkan, maka visi misi Bupati Ipuk bukan lagi kesinambungan,” tegas Ruliyono.

Menurutnya, pemerintah daerah tidak akan rugi apabila moratorium LPJU ini dicabut. Karena, setoran pajak PJU merupakan salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar selain Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Kita akan memperhatikan usulan dewan terkait dengan permintaan pencabutan moratorium LPJU,” singkat Sekda Banyuwangi, Mujiono.