Bela Emil Dardak, Politisi Senior Demokrat: Pernyataan Hasto Kurang Tepat Dan Tendensius

Agusdono Wibawanto/net
Agusdono Wibawanto/net

Politisi senior Partai Demokrat Agusdono Wibawanto mengkritik pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menyindir Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak.


Menurut dia, selama ini yang dilakukan Emil Dardak justru sangat tepat, dalam menjalankan roda pemerintahan bersama dengan Gubernur Khofifah di Jatim.

"Jadi gini pernyataan mas Hasto tendesius apalagi nembak langsung ke pak Wagub. Hal ini kurang tepat. Karena pemerintah daerah gubernur dan wakil gubernur sudah satu paket selama ini. Kan tidak boleh ada matahari dua," katanya ketika dikonfimasi pada Selasa (18/10/2022).

Anggota DPRD Jatim dari Dapil Malang-Raya itu menjelaskan, dalam sistem ketatanegaraan, yang dilakukan Emil Dardak sudah on the track. Langkah yang dilakukan Emil Dardak tetap atas sepengetahuan dan komando dari gubernur Khofifah, sebagai pemimpin pemerintahan.

"Pelaksanaan tugas mas Emil dalam hal ini dikomandani wakil Gubernur. Kalau memang dianggap harmonisasi antara kader dengan pak Wagub sifatnya pribadi bolehlah. Kalau sudah struktural yang dilakukan mas Emil sudah tepat," tegasnya.

"Mas Emil sudah menyampaikan dan koordinasi cukup bagus. Kalau ada komunikasi ke lapangan dan menindklanjuti apa yang disampaikan bupati dan walikota pasti atas persetujuan bu gubernur juga," katanya.

Dikatakan dia, selama ini, aspirasi dari bupati dan walikota di Jawa Timur sudah ditampung oleh Pemprov Jatim. Dan, harmonisasi sistem birokrasi antara pemprov dan kabupaten/kota sudah berjalan optimal.

"Paling tidak yang disampaikan kurang tepat, karena yang merasakan ya kita ini di Jatim. Harmonisasi antara Gubernur dan wakil gubernur dengan DPRD Jatim saja sudah nyaman. Secara struktural dan fungsional sudah on the track," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengumpulkan para kepala daerah di Jatim yang berasal dari PDIP. Mereka berkumpul di Balai Kota Surabaya. Dalam satu perbincangannya, Hasto menyinggung soal hubungan kepala daerah PDIP dengan Wagub Jatim Emil Dardak.