Perkuat Kerja Sama Bilateral Indonesia-AS, Menko Airlangga Bertemu Bertemu Dubes Sung Yong Kim

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dan Dubes AS untuk Indonesia, Sung Yong Kim/Net
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dan Dubes AS untuk Indonesia, Sung Yong Kim/Net

Pertemuan bilateral dilakukan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bersama Dutabesar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Yong Kim di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (19/10).


Keduanya membahas sejumlah topik untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan meningkatkan investasi Indonesia dan AS.

Saat ini, volume perdagangan kedua negara saat ini mencapai 27,5 miliar dolar AS, meningkat 20,1% dibandingkan periode sama tahun 2021. Kedua negara menargetkan peningkatan perdagangan sebanyak 60 miliar dolar AS dalam beberapa tahun ke depan.

Menko Airlangga menyoroti inisiasi Amerika Serikat terkait Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) yang diluncurkan pada 22 Juni 2021 di KTT G7 Inggris. AS rencananya akan mengalokasikan pendanaan sebesar 600 miliar dolar AS bagi PGII.

“Indonesia mengharapkan dapat berpartisipasi dalam inisiasi PGII untuk proyek-proyek strategis,” kata Menko Airlangga dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Sementara itu, Dutabesar Kim menyampaikan apresiasi atas penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi di Indonesia. Menurutnya, pemerintah Indonesia telah bekerja keras menangani pandemi dan pemulihan ekonomi.

"Semoga Indonesia dan Amerika Serikat dapat terus bekerja sama untuk kepentingan ekonomi bersama,” ujar Dubes Kim.

Selain itu, Menko Airlangga dan Dubes Kim juga membahas persiapan KTT G20 di Bali dan hasil-hasil konkret yang ingin dicapai sebagai tindak lanjut dari KTT. Keduanya juga membahas berbagai potensi investasi dan proyek yang sudah berjalan oleh pihak swasta kedua negara.